Jogja – Bali Full Rebahan!! Bus Mewah RM 280 PO Tami Jaya

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Dunia pariwisata Indonesia semakin bergairah seiring banyaknya pilihan moda transportasi yang bisa mengantarkan anda ke destinasi tujuan. Selain jalur udara yang jelas lebih cepat, moda transportasi darat – terutama bus – masih menjadi pilihan populer karena harganya yang ekonomis.

Nah, bagi kamu yang sudah langganan bepergian dengan bus, tentunya tipe bus yang satu ini, yakni bus double decker alias bu rebahan, perlu anda coba untuk melintasi provinsi lain ataupun pulau sekalipun, seperti rute Yogyakarta – Bali (Jogja – Denpasar).

Khusus untuk rute Jogja – Denpasar, anda bisa naik bus terbaru milik PT Anugrah Karya Utami Gemilang yang menaungi Perusahaan Otobus (PO) Tami Jaya. Diketahui sebelumnya, PO ini telah sukses lewat seri bus SR2 Suite Class rute Jogja – Denpasar.

Nah di penghuhung tahun 2022 ini, PO Tami Jaya kembali menghadirkan unit terbaru bus rebahannya, dengan menghadirkan bus berbody SR3 Suite Class, yang dibuat langsung di Karoseri Laksana di Semarang.

“Nah unit baru ini nantinya juga akan jalan di jalur yang rame banget teman-teman tentunya Jogja – Denpasar Bali,” ungkap Didit Zaenanto, Quality Assurance Quality Control Karoseri Laksana, dalam unggahan video YouTube terbarunya saat mereview unit bus rebahan terbaru PO Tami Jaya.

Tampak samping bus terbaru SR3 Suite Class milik PO Tami Jaya yang dibuat langsung di Karoseri Laksana di Semarang. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]
Dilihat Padangkita.com, Minggu (4/12/2022), dalam video berdurasi 15 menit tersebut, Didit mengungkapkan bus  tersebut sangat spesial karena ditopang di atas pondasi atau sasis Hino RM 280, yang merupakan salah satu sasis premium produsen otomotif asal Jepang tersebut.

Diketahui, RM 280 merupakan salah satu sasis bus terbaru buatan Hino yang dirilis tahun 2022 ini. RM 280 sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock braking system (ABS), yang merupakan sebuah sistem keselamatan untuk mencegah terjadi penguncian roda, ketika dilakukan pengereman kuat secara mendadak.

Spesifikasi Lengkap Sasis RM 280:

PERFORMA

— Kecepatan Maksimum : 127Km/h
— Daya Tanjak : 30%tan

MODEL MESIN

— Model – J08E-WD
— Model Tipe – Mesin Diesel 4 Langkah Segaris ; Variable Geometric Turbocharger;

Intercooler; Common Rail

— Tenaga Maksimum ISO-NET (PS/rpm) 280/2.500
— Daya maksimum ISO-NET (Kgm/rpm) 84/1.500
— Tenaga Maksimum JIS Gross (PS/rpm) 285/2.500
— Daya maksimum JIS Gross (Kgm/rpm) 85/1.500
— Jumlah silinder – 6
— Diameter x Langkah Piston – 112 x 130
— Isi Silinder cc 7.684

RM 280 yang dipasangkan body SR3 Suite Class pada bus PO Tami Jaya, unit ini hadir dengan livery khas Tami Jaya berwarna hijau tua dan sudah dirilis dari Karoseri Laksana tanggal 1 Desember 2022 lalu.

Bus tersebut memiliki panjang total 12 meter. Terdapat total 6 pintu bagasi yang sangat luas hingga tembus pada dua sisi bodynya. Sementara itu di bagian dalam kabin sudah terdapat toilet yang juga dilengkapi dengan AC.

Terdapat total 21 kursi atau seat pada kabin penumpang bus ini dan semuanya merupakan kelas sleeper alias full rebahan.

Kabin penumpang bus rebahan SR3 Suite Class PO Tami Jaya. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]
Baca Juga: Pencinta Rebahan Wajib Tahu!! Inilah 5 Perusahaan Otobus AKAP Pelopor Armada Bus Tingkat di Pulau Jawa

Menggunakan konfigurasi kursi 1-1, selain sudah full rebahan, soal fasilitas terdapat Audio Video On Demand (AVOD) di semua kursinya sebagai sarana entertainment kamu di perjalanan, dan juga USB charger dan cup holder. Selain itu pada unit bus ini juga telah tersedia akses wi-fi yang bisa kamu akses dengan gratis tentunya. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist