Bus Baru Divisi Pariwisata PO Bagong: Jadi yang Pertama Pakai Avante Facelift, Ini Fitur Canggihnya

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Pada 13 Desember 2022 kemarin PT Bagong DKK Makmur alias Perusahaan Otobus (PO) Bagong, mengadakan acara yang terbilang spesial untuk menyambut dan memperkenalkan divisi baru mereka.

Kini bus Bagong tidak hanya hadir dalam pelayanan bus karyawan tambang maupun bus AKDP saja, melainkan sudah merambah jalur AKAP dan serta ada divisi bus pariwisata yang baru.

Sebagai icon divisi bus pariwisata, PO Bagong memperkenalkan salah satu unit bus yang akan berperan sebagai armada bus pariwisata mereka. Bus tersebut berkelir biru dan terlihat menggunakan bodi avante dari Karoseri Tentrem Malang.

Jika diperhatikan lebih detail, ternyata bodi avante yang digunakan adalah versi terbarunya, dengan tampilan yang kini sudah mendapatkan sentuhan facelift. Bisa dibilang unit ini menjadi avante facelift pertama yang diperkenalkan dari Karoseri Tentrem.

Peluncuran Bus Avante Facelift PO Bagong. [Foto: Tangkapan layar YouTube]
Nah, pada tulisan kali ini mari kita review seperti apa tampilannya, dan ada detail apa saja yang berubah? Jangan lupa simak tulisan ini hingga akhir.

Tampilan avante facelift tersebut jika dilihat dari dimensi bodinya, maka ini adalah versi H7 dengan dimensi tinggi 3,7 meter atau setara dengan bodi HDD. Dan menurut pihak Tentrem, yang mendapat sentuhan facelift seperti ini hanya versi H7-nya saja.

Sementara model lain-lainnya H8 dan H9 masih menggunakan model sebelumnya. Dan yang diubah pada versi ini tidak hanya meliputi tampilan hiasan bodinya saja. Ya, melainkan hingga konstruksi bodinya juga ada yang dirubah agar jauh lebih baik lagi. Dan bagian yang dirubah tersebut adalah pilar kaca depan bagian atas. Karena kini kaca depannya dibuat lebih tegak, daripada model sebelumnya.

Alasan dibuat seperti ini adalah agar posisi TV yang ada di depan bisa lebih maju daripada model avante yang dulu. Karena salah satu kekurangan Avante adalah letak TV utama yang terlalu ke belakang, jadi sangat dekat dengan posisi duduk penumpang paling depan. Hal ini tentu efek kaca depannya yang sangat landai itu jadi sedikit mengorbankan letak dari rumah tv-nya.

Dan melihat dari kekurangan tersebut maka Tentrem ingin memperbaikinya di versi facelift-nya kali ini. Kaca depan untuk memberikan ruang bagi kehidupan dana rumah tv-nya. Tapi tenang saja, meski kacanya jadi lebih tegak, namun bentuk kaca jenong khas avanza-nya masih tetap ada.

Selain konstruksi pilar a-nya yang berubah, masih banyak detail lain yang ikut diperbarui agar tampilannya lebih segar lagi. Mulai dari desain face depannya yang kini jadi lebih banyak dihiasi oleh garis-garis lekukan bodi.

Meski secara sekilas terlihat serupa, namun jika dilihat secara detail semua garis-garisnya ini baru dan berbeda dari model sebelumnya. Di antara kedua lampu utamanya juga ada garis silver tipis sebagai hiasan tambahannya. Lalu bentuk lekukan di bumper depannya juga sepenuhnya berubah dan kini dihasi oleh fog lamp yang lebih minimalis lagi.

Tampak samping Bus Avante Facelift PO Bagong. [Foto: Tangkapan layar YouTube]
Fog lamp nya sendiri menggunakan lampu LED kecil-kecil, yang di tata cara memanjang, Selain sebagai lampu kabut, lampu ini juga berperan sebagai lampu sein tambahan.

Selanjutnya, pembaruan lain ada di model selendang sampingnya, yang kini dibuat terpisah menjadi dua bagian. Jadi bagian bando atau topi ini hanya berakhir hingga di atas pintu depannya saja, lalu di bagian bawah kaca sampingnya kini jadi ada hiasan selendang lain yang modelnya baru.

Selendangnya dibuat terpisah seperti ini alasannya karena agar tidak ada yang menghalangi pandangan penumpang baris depan ke arah samping lagi. Secara detail model selain yang baru ini juga sangat menarik, karena selain ada hiasan kromnya di selendang ini juga ada detail motif berbentuk diamond.

Lalu perubahan di bagian bodi belakangnya juga tidak kalah banyak. Mulai dari yang mencolok yakni model kisi-kisi di kap mesin belakangnya, yang kini berubah jadi sedikit lebih besar dengan detail hiasan yang lebih elegan. Model lubang kisi-kisinya juga baru yang terlihat seperti ukiran, yang sangat detail.

Dan sebagai identitasnya ada emblem avante H7, yang terbilang besar terpasang di bagian tengah kisi-kisi udara. Detail baru terakhir ada di bentuk bumper belakangnya, yang kini dihiasi oleh garis-garis lekukan yang senada dengan bumper depannya tadi. Keren kan.

Beberapa bagian di interior kabinnya juga terlihat mendapatkan pembaruan dari Karoseri Tentrem. Yang paling berubah ada di bagian panel dinding dekat dengan pintu depannya. Sekarang di model alvan H7 facelift ini jadi ada hiasan lampu ambient tambahan yang sangat cantik.

lalu fitur lover AC bagi driver juga tetap ada, meski posisinya sedikit berubah ke bagian atas. Sementara model dom depannya masih sama dengan versi avante terbaru, dengan detail panel over AC berwarna hitam dengan hiasan lampu ambience berwarna biru. Data lain juga masih sama seperti Avanza series lainnya, dan sepertinya hanya bagian depan tadi saja yang berubah.

Baca Juga: SR3 Panorama Berpadu Golden Dragon!! PO SAN Rilis 2 Bus Terbaru jelang Tutup Tahun 2022

Seperti kita bahas di awal, bus baru ini akan berperan sebagai bus pariwisata dari PO Bagong. Kabarnya total akan ada 6 unit bus besar seperti ini, dengan beragam pilihan jumlah kapasitas kursinya. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist