Bukan Hanya Minang, 5 Suku Asli Indonesia Ini Juga Anut Sistem Matrilineal

Berita viral terbaru: Inilah beberapa suku di Indonesia yang menerapkan sistem kekerabatan matrilineal.

Padangkita.com- Jika selama ini mungkin yang sering kita dengar ialah banyak masyarakat yang menganut sistem garis keturunan yang berasal dari pihak ayah atau patrilineal.

Namun Namun ternyata juga ada suku yang menganut paham matrilineal atau garis keturunan alur yang berasal dari pihak ibu.

Baca juga: Terobsesi Miliki Pinggang Kecil Layaknya Barbie, Model Ini Rela Habiskan 2 Miliar

Di Indonesia sendiri memang tidak banyak suku yang menganut paham ini akan tetapi ternyata ada lebih dari 1 suku selain suku Minang. Melansir dari Hetanews.com, berikut ini merupakan sejumlah suku di Indonesia yang menganut sistem matrilineal.

Suku Minangkabau

Suku yang satu ini terletak di bagian Barat Sumatera yang juga seringkali disebut sebagai Minang. Menariknya lagi Suku Minangkabau ini memiliki suatu etnis kultural yang sangat kental dengan identitas agama Islam mulai dari penggunaan bahasa, adat,  dan juga kekerabatan matrilineal.

Secara geografis, Minangkabau meliputi daratan Sumatera Barat, separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan Negeri Sembilan di Malaysia. Hanya saja kebanyakan masyarakat yang memiliki suku ini berada di daerah Sumatera Barat sebagai daerah asalnya.

Selain itu dalam suku Minang peran seorang mama atau paman sangat besar bagi seorang anak  dalam memberikan pengajaran Bukan ayahnya sendiri.

Suku Enggano

Suku Enggano berada di Pulau asli Enggano sebelah barat Pulau Sumatera atau tepatnya berada di Provinsi Bengkulu. Suku ini juga menetapkan jika nama marga suku diwariskan berdasarkan marga ibu sebagai garis keturunan matrilineal.

Disebutkan jika hal ini mungkin saja terjadi karena seringnya terjadi peperangan antar suku dan juga kegiatan daripada laki-laki suku ini.

Suku Petalangan

Suku yang satu ini merupakan masyarakat yang hidup di Kabupaten Pelalawan, provinsi Riau yang terletak sekitar 60-95 kilometer dari kota Pekanbaru.

Baca juga: Video Viral, Api Muncul Tiba-tiba di Liang Lahat Sukses Buat Geger Warganet

Seperti halnya beberapa suku matrilineal mereka juga meneruskan garis keturunan dari pihak ibu.

Selain itu masyarakatnya sendiri dibagi atas beberapa suku seperti Sengerih, Lubuk, Pelabi, Medang, Piliang, Melayu, Penyambungan dan Pitopang. Kebanyakan masyarakat suku ini mencari nafkah sebagai seorang nelayan atau pun petani karet.