Bikin Miris!! Ini Fakta 5 Perbedaan Bus India Vs Bus Indonesia

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Bagi kamu masyarakat Indonesia yang kerap mengeluhkan moda transportasi bus, agaknya urungkan dulu pikiran negatifmu. Berkacalah ke negara yang satu ini dan jadikan perbandingan agar membuat kamu lebih bersyukur.

Negara tersebut adalah India, negara dengan luas ke-7 di dunia, yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, memiliki sejumlah persoalan kompleks untuk fasilitas atau layanan transportasi bus.

Baca Juga: Mitsubishi Bangkit! Boyong Bus Fuso Euro 4 FE ke GIIAS 2022 yang Diklaim Ramah Lingkungan

Baca Juga: Bus Baru asal Sumbar Ini Bikin Gebrakan! Siap Menantang PO Raja Lintas Sumatra – Jawa

Diketahui, India merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-2 di dunia, dengan total lebih 1 miliar populasi. Negara yang masuk sebagai negara dengan penduduk terpadat di dunia ini memiliki transportasi bus yang menarik untuk diulas dan dibandingkan dengan transportasi bus di Indonesia.

Nah, pada ulasan kali ini kita akan membandingkan 5 perbedaan bus India vs bus Indonesia. Inilah 5 perbedaan bus Indonesia dengan bus India, dimulai dari urutan 5 hingga 1, yang disadur Padangkita.com dari video YouTube, YouTuber bus kenamaan Indinesia, Taufik RS.

5. Bus dalam kota

Indonesia

Penampakan Bus dalam kota di Indonesia, bus Transjakarta. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Kita mulai dari posisi 5 perbedaan bus Indonesia vs India. Bus dalam kota yang digunakan antara Indonesia dengan India, ambil saja contohnya bus dalam kota di Jakarta untuk di Indonesia. Di Jakarta ada transportasi bus massal Trans Jakarta.

Bus Trans Jakarta sendiri sudah banyak menggunakan mesin bus premium seperti Mercedes Benz, Scania dan Volvo dengan jahitan body karya anak bangsa seperti ari Karoseri Laksana.

Karoseri Laksana yang berasal dari Ungaran Semarang Jawa Tengah ini merupakan karoseri atau pembuat balutan atau body bus karya anak bangsa, Indonesia dan sudah banyak menghadirkan karya-karya terbaiknya yang saat ini sudah banyak mengaspal di jalanan Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu karoseri ini telah mengekspor bus ke negara Bangladesh.

Data menunjukkan, populasi bus premium dalam kota di Indonesia akan terus bertambah seiring berjalanya waktu. Termasuk bus Volvo B11 R yang juga akan terus bertambah dalam waktu dekat ini, walaupun dulu pernah menggunakan bus asal China.

Bus terbaru Transjakarta ber-sasis Volvo B11 R ini dirakit oleh Karoseri Laksana dengan model Cityland 2, dengan segudang fasilitas keren yang akan membuat penumpang makin nyaman ketika menaikinya.

Selain itu bus kota di Indonesia ada juga yang jenis bus tingkat atau double decker, tentunya juga dengan jahitan body karya anak bangsa.

India

Penampakan Bus dalam kota di India. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Namun berbeda dengan bus dalam kota yang ada di negara India, bus-nya lebih sederhana bila dibandingkan dengan bus dalam kota di Indonesia. Jika di Indonesia penyelenggara bus dalam kota dengan mudah kita temui, sebut saja seperti Transjakarta, maka di India disebut dengan Delhi Transport Corporation atau DTC.

DTC merupakan salah satu penyelenggara bus dalam kota di India, khususnya di kota New Delhi yang sudah berdiri sejak tahun 1948 dan rata-rata menggunakan bus buatan lokal dengan nama Bus Tata.

Namun uniknya transportasi dalam kota yang ada di India, di mana untuk wanita digratiskan, kemudian ada juga bus kelas ekonomi. Jadi untuk pilihan bus pun lebih variatif.

Terpopuler

Add New Playlist