Mengintip 3 Bus Terbaru Karoseri Tentrem, Mewah Serasa Bus Eropa dan Punya Fitur Canggih Melimpah!!

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Pabrik pembuat body bus kenamaan Indonesia, Karoseri Tentrem menjadi pusat perhatian saat memamerkan tiga unit armada bus terbarunya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 beberapa waktu lalu.

Bagaimana tidak, unit yang dihadirkan oleh karoseri asal Malang ini memiliki kabin super premium dan fasilitas mewah layaknya bus-bus Eropa, yang seolah-olah membuat Anda tidak berada dalam kabin bus.

Nah, daripada kamu penasaran, inilah daftar produk bus terbaru dan terbaik dari Karoseri Tentrem tahun 2022.

3. Avante H8

Tampak samping bus Avente H8 buatan Karoseri Tentrem. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Bus Avante H8 merupakan produksi Karoseri Tentrem Malang bus yang ditampilkan di gelaran GIIAS) 2022. Unit Ini merupakan bus dengan fasilitas mewah dan fitur canggih di dalamnya.

Bus ini seperti Avante H8 pada umumnya tampil dengan double glass, memiliki bentuk depan yang tampan dan juga jenong, yang membuat bus ini seolah-olah mirip dengan bus Eropa. Avante H8 Tentrem ini dibangun di atas sasis Mercedes Benz OH 1626 automatic asal Jerman.

Di bagian samping terlihat tulisan grand senior yang diambil dari bahasa Perancis, yang berarti bangsawan. Bagian belakangnya terlihat sama seperti Avante H8 yang sebelumnya sudah dibuat oleh Karoseri Tentrem.

Tampak samping bus Avente H8 buatan Karoseri Tentrem. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Masuk ke bagian interiornya, terlihat dashboard Mercedes Benz OH 1626 pada umumnya. Bus double glass ini punya keunggulan memiliki pandangan yang cukup luas dan juga pilar horizontal pemisah kaca bagian atas dan bawah itu terbilang cukup tipis.

Di bagian belakang terlihat kabin penumpang yang sangat mewah, terdiri dari 12 jok kulit yang berkualitas premium dengan konfigurasi 2-1. Jok tersebut dibuat oleh Rimba Kencana dengan pilihan paling premium.

Jok kulit super premium bus Avente H8 buatan Karoseri Tentrem. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Masing-masing kursi sudah dilengkapi dengan sandaran kaki. Selain itu terdapat juga tempat taruh air minum, USB untuk ngecas smartphone kalian, sumber listrik dan tidak juga lupa pula di masing-masing kursi tersebut sudah dilengkapi dengan seat belt sebagai faktor keamanan. Selain itu di masing-masing kursi penumpang juga dilengkapi dengan layar monitor sebagai fasilitas hiburan untuk menonton musik dan lain sebagainya.

Terus ke bagian lebih depan lagi, terdapat dua tombol elektrik, satu tombolnya untuk menutup pintu di kabin penumpang dan juga satu tombolnya lagi untuk menaikkan dan menurunkan smart tv yang ukurannya besar banget. Sumpah ini busnya mewah banget guys.

Penampakan ruangan pribadi bus Avente H8 buatan Karoseri Tentrem. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Jika pada kaca samping bus sering kita jumpai tirai, namun berbeda pada bus ini karena buka-tutup tirainya itu sudah elektrik, yang bisa digunakan untuk menutup dan juga membuka tirai sesuka hati.

Bergeser ke bagian belakang lagi, terdapat dapur berukuran mini yang disediakan bagi penumpang yang memang ingin memasak dan sudah menggunakan kompor listrik, yang juga berukuran mini.

Bergeser ke bagian belakang lagi, terlihat ruangan pribadi dengan launch khusus. Jadinya penumpang yang memiliki privasi bisa memanfaatkan ruangan ini di dalam ruangan ini. Di dalam ruangan ini terdapat tiga sofa dengan material kulit premium agar terciptanya kenyamanan.

Selain itu ada juga layar monitor yang berukuran besar, lengkap dengan peralatan karaoke-nya. Diketahui, bus Anvente H8 ini telah dibeli Perusahaan Otobus Bagong senilai Rp3 miliar.

2. Avante H7 AB

Tampak depan bus Avante H7 AB. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Karoseri Tentrem telah merilis bus Avante H7 AB sebagai unit terbarunya. Nampaknya seperti Avante H7 AB atau aluminium body yang pernah diproduksi oleh Tentrem sebelumnya.

Tampak depan bus ini benar-benar ganteng dengan double glass nya. Terlihat unit ini menggunakan sasis Hino RK 280, yang merupakan sasis atau mesin terbaru dari Hino, yang menjadi penerus sang kakak yaitu R260 atau RK8.

Akankah RK 280 terbaru ini mampu menjadi model terlaris dan menjadi andalan para pengusaha-perusahaan atau bus di Indonesia, karena terkenal dengan ketangguhannya di segala medan, termasuk untuk jarak jauh seperti yang melekat pada Hino R260 atau sang kakak.

RK 280 telah menggunakan teknologi euro 4 dengan mesinnya sudah common rail.

Tampak samping bus Avante H7 AB. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Tampak belakangnya sama seperti Avante H7 HB pada umumnya. Masuk ke bagian interiornya, terlihat tampilan speedometernya sudah di upgrade jauh lebih segar dan lebih informatif lagi.

View ke depannya itu terbilang cukup luas, karena pilar pemisah kaca punyanya Karoseri Tentrem Avante H7 ini terbilang cukup tipis bila dibandingkan dengan para kompetitornya.

Kita lihat ke belakang, terdapat kursi berjumlah 38 kursi merek Rimba Kencana dengan konfigurasi 2-2. Ditambah lagi dengan 6 kursi yang berada pada bagian paling belakang. Setiap kursinya sudah dilengkapi dengan seat belt untuk meningkatkan keamanan selama perjalanan.

Kabin penumpang bus Avante H7 AB. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Bus ini memang belum dilengkapi dengan toilet ya, dan rupanya memang biasa saja. Hal ini memang wajar karena biasanya unit pameran kayak gini itu di custom dulu. Memang pada intinya sesuai dengan kebutuhan. Oh iya unit ini telah dibeli oleh perusahaan otobus asal Jawa Timur yaitu Perusahaan Otobus Bagong.

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist