Tak Perlu Katering, Begini Keseruan Menyiapkan Hidangan Baralek di Minangkabau

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Berdeda dari kebanyakan daerah, pesta pernikahan atau baralek di tanah Minangkabau, Sumatra Barat (Sumbar) punya keunikan tersendiri.

Di Minangkabau, sudah tradisi jika ada masyarakat yang menyelenggarakan baralek bakal memberi kemeriahan satu kampung. Ya sekampung, karena semua masyarakat di lokasi pemilik hajatan bakal terlibat dalam prosesnya.

Keseruan baralek di Ranah Minang ini seperti tergambar dalam video yang dibagikan akun YouTube Herlina Basri dalam salah satu unggahannya.

Para kaum ibu tengah sibuk memasak hidangan baralek di salah satu pesta pernikahan di Kabupaten Agam. [Foto: Dok. YouTube/Herlina Basri]
Dalam video tersebut terlihat, pada hari H baralek, pagi-pagi buta para kaum ibu bakal berbondong-bondong datang membantu sang tuan rumah untuk menyiapkan hidangan yang bakal dinikmati para tamu undangan.

“Uniknya, meskipun jumlahnya terbilang banyak, namun para ibu-ibu ini sudah mengetahui tugas atau pekerjaan apa yang bakal dilakukan,” ujar Herlina Basri memotret keseruan baralek di Nagari Candung Koto Laweh, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam, dilihat Padangkita.com, Minggu (21/8/2022).

Berlokasi di belakang rumah sang pemilik hajatan, banyak kesibukan yang kaum ibu ini kerjakan, ada yang mengupas dan memarut kelapa hingga menyiapkan segala macam bumbu yang nantinya dimasak, seperti bawang, cabe, dan daun-daun rempah lainnya.

Beragam menu masakan pun mereka buat, di antaranya masakan pangek cubadak khas Canduang, goreng ikan rayo dan juga rendang daging.

Penampakan proses memasak pangek cubadak khas Canduang. Foto: Tangkapan Layar YouTube/Herlina Basri]

Untuk menu ikan rayo kering, ikan-ikan yang digoreng kering bakal disajikan dengan siraman cabe merah halus di atasnya.

Menu selanjutnya adalah pergedel kentang. Menu yang satu ini memang sangat digemari para undangan dan kerap disajikan di hampir semua baralek di Minangkabau.

Para tamu baralek menikmati hidangan beragam menu masakan khas Minang pada salah satu pesta pernikahan. [Foto: Dok. YouTube/Herlina Basri]
Dalam pembuatan pergedel kentang, para ibu-ibu tampak cekatan melakukan tahap demi tahap hingga menu itu selesai dan siap untuk disajikan.

Baca Juga: Mencicipi Ampera Legendaris di Solok, Rasa Masakan Olahan Daging Khas Minang-nya Ondeh Mande!!

Menu favorit selanjutnya yang mereka masak adalah tumis buncis hati ampla dan gulai cancang daging. Menu tersebut juga termasuk hidangan khas Canduang. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist