Mencicipi Ampera Legendaris di Solok, Rasa Masakan Olahan Daging Khas Minang-nya Ondeh Mande!!

Penulis: Isran Bastian

Solok, Padangkita.com – Bicara daerah ‘Raja’ nya kuliner di Indonesia tentu tidak terlepas dari Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Ya, masyarakat tanah Minang memang paling jago dalam urusan yang satu ini, bahkan sudah diakui masyarakat dunia.

Jika kamu berwisata ke wilayah Sumbar, kuliner yang ada di sana sangat sayang jika anda lewatkan. Masakan Minang atau lebih dikenal dengan Nasi Padang, yang otentik dapat kamu jumpai di banyak daerah atau kabupaten/kota di Sumbar, di antaranya seperti di Kabupaten Solok.

Salah satu rumah makan yang menyajikan Nasi Padang diantaranya adalah Ampera Mak Uyuang Onang, yang berada di daerah Nagari Cupak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumbar, tepatnya di Pasar Cupak.

Jika dari pusat Kota Padang, Cupak berjarak sekitar 42,5 Km atau dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 1 jam 42 menit. Nagari Cupak juga terkenal sebagai daerah penghasil beras solok, beras dengan kualitas nomor 1 di Sumbar.

“Ampera Mak Uyuang Onang termasuk rumah makan legendaris yang menyajikan masakan Minang, terutama makanan olahan daging yang terkenal lezat,” ujar pemilik akun YouTube Herlina Basri dalam video unggahannya, dilihat Padangkita.com, Kamis (18/8/2022).

Menu timunsu dan randang ayam yang ada di Ampera Mak Uyuang Onang. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Di ampera legendaris yang berdiri sejak 1970 ini, makanan olahan daging yang dapat kamu pesan di antaranya, dendeng lambok, timunsu, babek, gulai ayam, kalio dagiang, kalio hati, gulai tunjang, termasuk juga makanan yang terkenal paling enak yakni rendang.

Untuk harga makanan di Ampera Mak Uyuang terbilang cukup murah. Herlina Basri yang memesan 7 porsi makanan ditambah nasi untuk dua orang, hanya membayar senilai Rp80 ribu saja. Bagaimana, murah bukan!

Nah kalau soal rasa, rahasia kelezatan dari Ampera Mak Uyuang Onang ini terletak dari cara pengolahannya yang masih mempertahankan cara tradisional, sehingga menghasilkan cita rasa yang otentik.

Demi cita rasa yang otentik, masakan olahan daging yang ada di Ampera Mak Uyuang Onang diolah dengan cara tradisional. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
“Apalagi semua masakan dimasak langsung menggunakan bara api. Selain itu, masakan di sini selalu fresh atau baru,” ungkap Herlina.

Video tersebut pun mendapat komentar pujian dari netizen. Di antaranya dari akun Bob Mayat berkomentar “Woww luat pauk memang mantap apalagi lihat abang menikmati makan cukup berselera dan membuat ngiler.”

Baca Juga: Kisah Anak Introvert yang Sukses Usaha Rumah Makan setelah Buat Inovasi Nasi Padang Kekinian  

“Moga UMKM di Sumatra Barat khususnya warung/kedai/restoran yang menyajikan masakanan minang tetap eksis,” sambut akun doel ngArIEf. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist