Pulau Pagang, Pulau Cantik di Negeri Sejuta Pesona

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Sumatra Barat (Sumbar) memang surganya wisata bahari. Banyak pulau-pulau cantik yang dapat anda kunjungi, terutama yang berada di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Di antara banyak pilihan pulau di kabupaten berjuluk “Negeri Sejuta Pesona” ini, ada Pulau Pagang yang bisa jadi tujuan kamu berlibur bersama keluarga. Pulau ini pantainya cantik banget, berbalut pasir putih halus dan air laut yang biru bersih.

Pulau Pagang merupakan pulau kecil yang berada di Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau ini dapat kamu tempuh dari pelabuhan Carocok Tarusan, atau dari Sungai Pisang dan kawasan pantai di Sungai Pinang.

Di sekitaran Sungai Pinang dan Sungai Pisang banyak warga setempat yang menyediakan boot wisata menuju pulau, dan kendaraaan kamu bisa diparkirkan di rumah-rumah warga.

Untuk tarif boot ke kawasan pulau harganya beragam, namun jika kamu pergi dengan jumlah yang lebih banyak, tentunya harga yang didapat jadi lebih murah.

Untuk fasilitas yang bisa kamu nikmati di pulau ini. Bagi wisatawan yang memutuskan untuk menginap pihak pengelola menyediakan cottage bersama, dengan harga kisaran Rp1,3 juta per malam, VIP cottage Rp1,2 juta per malam, cottage backpacker Rp1 juta per malam, backpacker non AC Rp800 ribu per malam dan camping ground Rp50 ribu per orang.

Memiliki luas 10 hektare, pulau ini memiliki biota ikan hias dan terumbu karang yang terdapat di dalam laut di sekitar pulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar snorkling.

Wisatawan menjajal spot snorkling di Pulau Pagang. [Foto: Dok. Pegipegi]
Bagi Anda yang tidak membawa peralatan snorkeling tidak perlu khawatir, karena di sini terdapat tempat persewaan alat snorkeling. Pemandangan bawah lautnya yang sangat bagus membuat kegiatan snorkeling merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Pulau Pagang.

Di Pulau Pagang kamu bisa menikmati laut biru dan beberapa gugus pulau terlihat jelas. Itulah salah satu spot foto paling keren di Pulau Pagang, selain gugusan karang, gazebo dan beberapa bangku taman yang disusun fotogenik.

Baca Juga: Pulau Cubadak di Kawasan Mandeh, Tempat Private yang Cocok untuk Pilihan Bulan Madu

Bila ingin mencoba medan yang lebih menantang, bisa menyusuri jalur tracking di bukit setinggi 37 meter di belakang pulau. Jalur itu sebenarnya disediakan untuk evakuasi jika terjadi ancaman tsunami, namun bisa dinikmati untuk tracking bagi wisatawan. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist