Eksotisnya Taluak Sikulo di Pesisir Selatan: View-nya Rancak Bana, Dikira malah Bali

Penulis: Isran Bastian

Painan, Padangkita.com – ‘Negeri Sejuta Pesona’ Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat (Sumbar) memang punya segudang destinasi wisata yang pemandangannya eksotis.

Didukung letak geografisnya yang membentang menghadap Samudra Hindia, daerah ini dianugerahi beragam objek wisata bahari. Salah satunya adalah objek wisata Taluak Sikulo yang terletak di Nagari Ampang Pulai, kecamatan Koto XI Tarusan.

Pemandangan indah objek wisata Taluak Sikulo yang terletak di Nagari Ampang Pulai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Sumbar Rancak]
Sekali dayung dua pulau terlampaui, jika berkunjung ke Taluak Sikulo, kamu sekaligus bakal bertemu dengan pantai yang sangat indah. Ya, karena objek wisata Taluak Sikulo berdekatan dengan objek wisata Pantai Batu Kalang.

Pantai Batu Kalang sendiri juga tak kalah cantik, punya deburan ombak yang tenang dengan warna air lautnya yang membiru jernih. Keindahan pantai ini ditambah pula dengan hamparan pasir yang berwarna agak kemerahan bercampur putih.

Kembali ke Taluak Sikulo, untuk ke lokasi ini kamu mesti menaiki boat yang sudah tersedia di Pantai Batu Kalang, dengan harga Rp50 ribu per orang. Jika kamu berjalan kaki dari Batu Kalang ke Taluak Sikulo bakal memakan waktu 1-2 jam.

Di sepanjang perjalanan dengan boat, pandanganmu bakal dihadapkan dengan hamparan tanaman bakau yang tumbuh di atas air laut yang jernih.

Taluak Sikulo merupakan kawasan teluk berbukit yang dihiasi jejeran batu karang berukuran besar di sekitarnya.

“Ondeh iyo rancak bana, airnya super jernih. Tidak menyesal ke sini,” kesan pertama yang terucap dari pemilik channel YouTube, Sumbar Rancak dalam salah satu video unggahannya, dilihat Padangkita.com, Minggu (21/8/2022).

Wisatawan mengabadikan foto selfie di objek wisata Taluak Sikulo. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Sumbar Rancak]
Dapat melihat dan menginjakkan kaki di Taluak Sikulo yang pemandangannya sangat instagramable banget dan kerap viral di media sosial, sang host mengaku bangga dan rasa penasarannya akhirnya terobati.

“Akhirnya kesampaian. View-nya ya Allah, rancak bana (bagus benar),” puji dia lagi.

Pada netizen yang menonton video tersebut pun sepakat jika objek wisata Taluak Sikulo memang sangat indah.

Hasil jepretan foto yang sangat instagramable dengan latar objek wisata Taluak Sikulo. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Sumbar Rancak]
Io bana bantuak (Ia benar mirip) pantai di Bali mah,” komentar Siska Kurnia Sari.

Baca Juga: Mentawai, Surga Tersembunyi Sumatra Barat yang Punya Ombak Kelas Dunia

“Masya Allah. Apik tenan,” timpal Hasmi Hamzah. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist