Mentawai, Surga Tersembunyi Sumatra Barat yang Punya Ombak Kelas Dunia

Penulis: Isran Bastian

Tua Pejat, Padangkita.com – Meski menjadi daerah terluar di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), kabupaten yang satu ini punya sejuta pesona keindahan alam.

Terutama soal keindahan bahari, daerah yang satu ini tiada lawan! Bahkan bisa ditempatkan sejajar dengan destinasi-destinasi wisata terkenal di luar negeri. Daerah tersebut adalah Kepulauan Mentawai, kabupaten yang resmi berdiri sejak tahun 1999.

Mentawai terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai.

Keseruan berpetualang melihat keindahan alam Mentawai sangat membekas bagi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Seperti pengalaman berlibur yang dirasakan Agung Afif bersama rekannya.

“Saatnya kita berlayar menuju Kandui Resort, lihat lautnya gaes, indah banget,” beber Agung Afif dalam unggahan video YouTube-nya, dilihat Padangkita.com, Jumat (12/8/2022).

Tempat pertama yang dikunjungi rombongan YouTuber tersebut adalah Kandui Resort atau Kandui Villas, yang berlokasi di Pulau Karangmajat. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Sumatra, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau ini terletak di Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai.

Kandui Villas, termasuk resort yang termewah di Mentawai. Keunggulan dari tempat ini, kawasan pantainya punya gulungan ombak terbaik kelas dunia. Selain itu, spot snorkeling yang indah juga bisa ditemukan di sekitaran pantai ini.

Selain spot surfing di Kandui Left yang berada di sekitar Kandui Resort, ada juga spot surfing favorit lain di sekitaran lokasi tersebut, yakni di Pulau Mainuk.

“Di sini ada spot surfing paling bagus juga gaes di Mentawai, nama spot-nya Hair Wey,” jelas Agung.

Spot surfing di sekitaran Kandui Villas. [Foto: Dok. kanduivillas.com]
Dalam video bertitel “Mentawai: Surga Tersembunyi Sumatra Barat” tersebut, Agung juga memperlihatkan sejumlah bule yang tengah menikmati surfing di spot favorit Hair Wey.

Bule tengah menikmati surfing di spot favorit Hair Wey. [Foto: Dok. Tangkapan Layar YouTube agung afif]
Puas melihat spot Hair Wey, Agung melanjutkan penampakan Pulau Penangkaran Besar dan Pulau Penangkaran Kecil. Dari kejauhan, pulau yang seperti memperlihatkan pasir timbul tersebut, memancarkan kilauan putih dari bias pasir putih menghampar di pulau tersebut.

Penampakan Pulau Penangkaran Besar dan Pulau Penangkaran Kecil dari udara. [Foto: Dok. Tangkapan Layar YouTube agung afif]
“Gua akan coba berenang ke Pulau Penangkaran Kecil, lihat airnya gaes, bening banget,” kata Agung sembari langsung melompat untuk berenang ke pulau tersebut.

Puas berenang dan surfing di sekitaran Pulau Penangkaran Kecil, Agung melanjutkan petualangannya ke Kandui Villas. Biaya menginap di resort termasuk yang termewah dan terbaik di Mentawai ini dibanderol sekitar 240 USD per malam atau sekitar Rp3,5 juta.

YouTuber Agung Afif bersiap untuk melakukan surfing di Mentawai. [Foto: Dok. Tangkapan Layar YouTube agung afif]
Namun karena Kandui Villas tengah tutup saat mereka berkunjung, Agung melanjutkan petualangannya ke Pulau Ibey. Pulau ini juga memiliki pantai yang indah.

Baca Juga: Melihat lebih Dekat Keindahan dan Potensi Desa Wisata Nagari Silokek

Baca Juga: 4 Jalan Terindah di Sumbar, Ada yang Terindah di Indonesia?

Tampilan suku Sikerei, masyarakat asli pedalaman Mentawai. [Foto: Tangkapan Lauar YouTube agung afif]
“Menurut gua Mentawai itu indah banget, walaupun kalian ngak suka surfing, di sini banyak banget pantai-pantai yang indah banget. Selain spot pantai yang indah, di sini juga ada suku Sikerei, Mentawai itu the real paradise in west Sumatra gaes,” kata Agung sembari mengajak masyarakat untuk berwisata ke Mentawai. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist