4 Jalan Terindah di Sumbar, Ada yang Terindah di Indonesia?

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Sumatra Barat (Sumbar) dikenal sebagai daerah yang memiliki keindahan alam luar biasa. Tak salah jika, jalan-jalan yang ada di provinsi yang bertetangga dengan Riau tersebut memiliki sederet jalan dengan pemandangan terindah pula.

Bicara jalan terindah di Sumbar, berikut 4 daftar jalan terindah di Sumbar.

1. Jalan Lurus Koto Gadang

Jalan Lurus Koto Gadang. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Creative Hamdi]
Jalan Lurus Koto Gadang berada di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Di jalan ini anda dapat melihat pemandangan indah Gunung Singgalang secara utuh.

Tak hanya itu saja, kamu juga bakal dibuat takjub dengan hamparan persawahan terasering, serta ada jejeran pohon pinus yang terut mempercantik jalan tersebut.

Agar kamu lebih puas menikmatinya, sangat disarankan untuk berkunjung pada pagi atau sore hari.

Diketahui, Koto Gadang merupakan daerah atau kampung halaman dari tokoh-tokoh nasional asal Sumbar. Di antaranya adalah Haji Agus Salim dan Rohana Kudus.

2. Jalan Kelok 44

Jalan Kelok 44. [Foto: Dok. goodnewsfromindonesia]
Jalan Kelok 44 merupakan jalan kelokan yang juga terdapat di Kabupaten Agam. Kelok 44 berada di daerah perbukitan di atas Danau Maninjau serta dilingkari jalan yang berkelok di atasnya.

Jalan dengan jumlah belokkan sebanyak 44 ini sangat layak dimasukkan ke dalam jajaran jalan terindah di Sumbar, bahkan mungkin jalan terindah di Indonesia.

Jalan ini menawarkan pemandangan utuh Danau Maninjau dan sawah yang berjenjang-jenjang. Bagaimana, indah bukan!

3. Jalan Kawasan Mandeh

Jalan Kawasan Mandeh, Pesisir Selatan. [Foto: Tangkapan Layar YouTube]
Jalan terindah selanjutnya berada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang di Sumbar ini juga memiliki jalan terindah yang tak kalah cantik.

Jalan tersebut adalah Jalan Kawasan Mandeh. Jalan ini terletak di kawasan wisata yang di Koto IX Tarusan. Bahkan kawasan ini sebelumnya disebut oleh Presiden Joko Widodo, sebagai Raja Ampat-nya Sumbar.

Sejak Jalan Kawasan Mandeh diresmikan sejak Maret tahun 2019, jumlah wisatawan yang bertandang melewati jalan tersebut langsung membludak.

Jalan sepanjang 41,8 Km ini menyajikan keindahan alam bahari yang luar biasa cantik. Di sepanjang jalan kamu dihadapkan dengan hamparan pantai Samudra Hindia dan gugusan pulau kecil yang menambah keindahan jalan ini.

4. Jalan Danau Singkarak

Jalan Danau Singkarak. [Foto: Dok. Instagram/ghaardi]
Danau Singkarak merupakan danau yang terbentang di dua kabupaten di Provinsi Sumbar (Kabupaten Solok dan Tanah Datar). Di sepanjang pinggir danau ini terdapat jalan provinsi atau yang dikenal dengan Jalan Danau Singkarak.

Jalan ini melingkari tepian Danau Singkarak nan cantik. Anda dapat melihat keindahan Danau Singkarak, yang memiliki luas 107 Km dan merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatra.

Baca Juga: Daftar 5 Jalan Tol Terindah di Pulau Sumatra dan Penampakannya

Di pinggiran Danau anda juga akan menjumpai ikan bilih, yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau tersebut. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist