Pongek Lapuak Masakan Khas Minang Unik dan Istimewa, Begini Cara Pembuatannya

Penulis: Isran Bastian

Tanah Datar, Padangkita.com – Bicara rasa, masakan khas Minang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) jelas tiada lawan. Selain rendang yang namanya sudah mendunia, masih banyak lagi masakan khas Minang yang enaknya ‘selangit’.

Seperti masakan khas Minang dari daerah Barulak, Kabupaten Tanah Datar yang satu ini. Namanya pengek lapauk, menu ini termasuk masakan khas Minang yang unik dan istimewa.

Masakan khas Minang pongek lapuak. [Foto: Dik. YouTube/Herlina Basri]
Pongek lapuak merupakan masakan olahan ikan air tawar yang dimasak dengan cara digulai. Namun yang membedakan pongek lapuak dibanding masakan sejenis adalah rasanya bumbunya yang meresap bahkan terasa hingga ke tulangnya yang memiliki tekstur lunak.

Cara memasak pongek lapuak cukup unik dan membutuhkan waktu cukup lama, bahkan dari siang hingga malam.

Masakan ini mesti dimasak diatas bara api menggunakan periuk belanga (wajan dari tanah liat) yang atasnya mesti ditutup agar mendapatkan tekstur ikan yang lunak hingga ke tulang.

Masakan khas Minang pengek lapuak. [Foto: Dok. YouTube/Herlina Basri]
Untuk menambah kenikmatan rasanya, selain ikan, pongek lapuak juga dipadukan dengan bahan lainnya, yakni daun kesambi.

“Dengan ditambah daun kesambi ini, membuat rasanya lebih enak dan ada sensasi rasa asam,” ujar Herlina Basri dalam salah satu unggahan video YouTube di akun miliknya, dilihat Padangkita.com, Selasa (23/8/2022).

Masakan ini dapat kamu jumpai di Tungku Pongek Lapuak Meri yang berlokasi di Jalan Batusangkar – Payakumbuh, Km 3, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Selain pongek lapuak, rumah makan ini juga terkenal dengan menu lain yakni, ikan bakar dan ayam batokok acarnya.

Ayam batokok. [Foto: Dok. YuoTube/Herlina Basri]
Meskipun rasanya sangat nikmat, untuk harga makanan di Tungku Pongek Lapuak Meri sangat ramah di kantong.

Baca Juga: Katupek Pitalah yang Legendaris: Ternyata Berasal dari Daerah Ini, Sejarah dan Cara Memasaknya

Herlina Basri yang memesan menu 1 porsi ikan pongek lapuak, 1 ayam batokok, 1 ikan bakar, 1 ayam goreng balado, 1 gulai cancang dagiang, 1 sayur, 1 samba balado, 2 gelas es teh ditambah dengan 2 porsi nasi plus tambuah, hanya membayar seharga Rp72 ribu saja. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist