Ini Alasan Alien Belum Berkomunikasi dengan Penduduk Bumi

Penulis: Putri

Berita viral dan trending terbaru: Ini penjelasan fisikawan Enrico Fermi mengenai alasan alien belum berkomunikasi dengan penduduk bumi.

Padangkita.com – Alien merupakan makhluk luar angkasa yang hingga kini masih menjadi misteri keberadaanya. Banyak orang yang berusaha mencari bukti untuk memberikan penjelasan tentang alien. Hingga beberapa fakta dan temuan mengejutkan berhasil ditemukan para pemburu makhluk luar angkasa itu dan ilmuan.

Salah satu teori yang sempat menggemaparkan publik yakni terjadi pada musim panas pada tahun 1950 silam. Kala itu, seorang fisikawan bernama Enrico Fermi mengajukan pertanyaan kepada koleganya pejabat TNI, Land Cruiser Pernah Dibikin di Priok.

Baca Juga

Fermi mengarahkan pertanyaan tersebut mengenai keberadaan alien. Menurutnya, alien membutuhkan waktu 4,4 miliar tahun untuk melakukan perjalanan ruang angkasa.

Di galaksi sendiri, prediksi Fermi, banyak alien berteknologi canggih. Kendati demikian, belum ada belum ada bukti apapun terkait hal ini. Bahkan pencarian yang telah dilakukan hingga puluhan tahun juga belum menemukan hasil mengenai keberadaan makhluk luar angkasa tersebut.

Seiring berjalannya waktu, teka-teki ini kemudian dikenal dengan nama Fermi Paradoks. Banyak teori yang ditemukan para ilmuan untuk memecahkan hal tersebut. Salah satu teori yang populer diungkapkan oleh Alan Stern.

“Dari makalah yang saya terbitkan, kemungkinan alasannya berhubungan dengan planet dengan lautan,” ujar insinyur sekaligus ilmuwan mengenai planet asal Amerika Serikat itu seperti dilansir dari Tech Insider pada Selasa (13/10/2020).

Lebih lanjut, Stern menjelaskan bahwa sebagian besar dari lautan yang ada di tata surya merupakan hiasan planet. Lautan tersebut juga dapat terlihat dari bumi.

Baca juga: Bukan Alien, Ini yang Paling Ditakuti Astronot Lagi di Luar Angkasa

Seperti diketahui lautan merupakan penghubungkan antar daratan. Laut juga merupakan salah sumber kehidupan manusia. Jadi mungkin saja, jika lautan serupa menghubungkan antar galaksi bersamaan dengan peradaban teknologi yang terus berkembang.

“Kita tak pernah mendengar upaya komunikasi dari mereka (alien). Bahkan, mereka mungkin tak pernah tahu bahwa ada kehidupan lain yang bisa diajak berkomunikasi,” jelasnya Stern.

Belum Bisa Dibuktikan

Selain itu, Stern beranggapan jika alien mungkin tak mengembangkan perjalanan luar angkasa seperti manusia. Kendati demikian, teori tersebut masih belum bisa dibuktikan lantaran masih belum ada bukti pasti adanya kehidupan alien.

Ada banyak sekali kemungkinan yang bisa dijelaskan dalam Fermi Paradoks. Namun tak seorang pun tahu jawaban yang tepat untuk teka-teki tersebut. Beberapa pendapat mengatakan, mungkin peradaban lain itu tak tertarik untuk berkomunikasi. Bisa juga karena kehidupan alien tak bertahan lama sehingga sangat sulit untuk menemukannya.

Baca juga: Piramida Dibangun Alien, Benarkah? Ini Kata Miliarder Elon Musk

“Saya berharap makalah ini bisa menjadi sedikit penjelasan dan kita bisa menemukan seperti apa kebenarannya,” tutur Stern. [*/Prt]


Baca berita viral dan trending terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist