Ini 2 Desa Terkaya di Indonesia, Pendapatannya Fantastis

Berita viral Terbaru: Inilah desa yang diklaim mampu mengembangkan wilayahnya hingga berpenghasilan fantastis.

Padangkita.com- Saat ini pemerintah telah berupaya untuk mendorong dan mengembangkan berbagai wilayah agar lebih kreatif dan inovatif inovatif.

Hal ini dilakukan agar semua wilayah di Indonesia bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh daerahnya.

Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh Presiden saat ini Joko Widodo dengan melakukan Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD).

Pelaksanaannya tampaknya telah berhasil direalisasikan oleh dua wilayah yakni Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, dan Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Bali.

Hebatnya lagi kedua wilayah tersebut berhasil menyulap wilayahnya dari desa yang berpendapatan rendah menjadi desa berpendapatan sangat tinggi. Inilah sederet fakta mengenai kedua wilayah tersebut.

Mengenal Desa Kutuh

Desa yang satu ini terletak di Kecamatan Kuta Selatan di Pulau Dewata. Karena berhasil mengembangkan potensi wilayahnya dari segi pariwisata patutnya dijadikan sebagai desa percontohan untuk wilayah lainnya di Indonesia.

Bahkan upaya yang mereka lakukan ini sudah ada sebelum diberlakukannya kebijakan TKDD. Yakni sejak tahun 1998, masyarakat desa adat setempat telah membentuk Lembaga Perkreditan Desa untuk menyimpan dan menyalurkan dana ke sektor-sektor produktif.

Disampaikan oleh Kepala Desa Kutuh, I Wayan Purja, jika di desanya itu terdapat 9 unit usaha atau Badan Usaha Milik Desa Adat, (BUMDA).

Dari dana yang nantinya terkumpul dibangunlah berbagai lokasi wisata misalnya wisata Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Atraksi Wisata Khusus Timbis Paragliding, Atraksi Wisata Khusus Seni dan Budaya.

Baca juga: Diduga Overdosis, Wanita Ini Mabuk Hingga Kejang-kejang di Diskotik

Bahkan dari modal yang tidak seberapa mereka bisa meraup keuntungan hingga Rp50 miliar. Keberhasilan dari pada penduduk desa tersebut kemudian membuat Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi (KEMENDES PDDT) tertarik untuk mengulasnya.