Wow, Kota Ini Miliki UMR Tertinggi di Dunia

Berita viral terbaru: Kota yang satu ini memiliki upah minimum regional tertinggi yang ada di dunia.

Padangkita.com-Dalam memilih suatu pekerjaan tentunya perihal gaji yang didapat menjadi satu pertimbangan penting dari seorang pencari kerja. Maka dari itu selain mempertimbangkan jenis pekerjaan apa yang dilakoni pencari kerja juga akan melihat berapa upah minimum regional (UMR) yang berlaku di suatu wilayah.

Terlebih lagi biasanya masing-masing wilayah itu sendiri memiliki ketetapan UMR yang berbeda. Selain UMR juga ada istilah lain yakni UMP berupa upah minimum provinsi sebagaimana yang diatur dalam Permenaker No.1 Tahun 1999.

Baca Juga

Penetapan besarnya UMP didasarkan pada Permenaker No.7 Tahun 2013 yang kemudian memutuskan besaran UMR. Untuk negara Indonesia sendiri wilayah yang memiliki UMR terbesar ialah ibukota negara Jakarta.

Akan tetapi bila dibandingkan dengan wilayah negara lain tentunya hal tersebut masih dinilai sangat. Melansir dari PortalJember.com, diketahui jika UMR paling tinggi di dunia berada di salah satu kota di Swiss.

Kota tersebut ialah Kota Jenewa yang akan  memberlakukan upah minimum £3.500 atau sekitar Rp61 juta per bulan dengan kurs Rp17.510.Sebenarnya penetapan upah minimum ini sendiri dilakukan setelah adanya pemungutan suara yang dilakukan.

Seperti yang disampaikan oleh seorang Presiden Groupement Transfrontalier Européen, Michael Charrat. Organisasi ini sendiri bergerak dalam hal untuk mendukung penduduk dan pekerja di perbatasan Prancis dan Swiss.

Dirinya pernah menyebut bahwa hal ini memang ditujukan bagi kaum miskin di kota serta untuk peningkatan Solidaritas.

Untuk itu seorang penduduk di Jenewa bisa mendapatkan upah dengan sebesar £41,430 per tahun atau sekitar Rp725 juta dengan kurs Rp17.510. Ternyata sebelumnya pada tahun 2011 dan 2014 usulan ini telah diajukan hanya saja berujung pada penolakan.

Satu hal yang mendasari mengapa usulan ini kemudian diterima ialah karena terpukulnya ekonomi Swiss akibat pandemi covid 19 yang melanda dunia. Terlebih wilayah tersebut ekonominya sangat bergantung dalam sektor pariwisata dan bisnis.

Baca juga: Crazy Rach Asal Cianjur Ini Miliki Staf Khusus untuk Pilih Pakaian

Terlebih lagi diketahui bahwa biaya hidup di negara ini dimulai begitu mahal oleh penduduknya sendiri. Sana penetapan kenaikan upah minimum di bawah ini rencananya akan diberlakukan tanggal 17 Oktober 2020 mendatang. [*/Nlm]


Baca berita viral terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist