Wow, Inilah Biaya Nikahan Adat Batak, Bikin Netizen Melongo

Penulis: Wina

Padangkita.com – Pernikahan Batak pasalnya memang meriah banget. Tak hanya meriah, pesta adat ini ternyata juga memakan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Sebagaimana berdasarkan informasi, orang Batak terkenal dengan berbagai macam acara adatnya. Pasalnya, pernikahan dalam adat Batak merupakan suatu upacara yang dianggap sakral.

Baca Juga

Hal itu dipahami sebagai sebuah bentuk pengorbanan yang amat luar biasa. Oleh sebab itu, tak dapat dipungkiri jika pernikahan adat Batak memang menghabiskan banyak sekali biaya.

Hal itu pasalnya juga sesuai dengan prosesnya yang cukup panjang dan tentu tak memakan biaya yang tak sedikit. Lantas, berapakah kira-kira biaya yang harus dipersiapkan jika seseorang ingin menikah dengan adat Batak atau orang Batak?

Sebuah video viral di media sosial yang mempresentasikan besaran biaya pernikahan adat Batak. Video tersebut diunggahan oleh akun @Missjubet lewat aplikasi TikTok pada 15 September 2020. Inilah penjabaran biaya nikahan adat Batak menurut Miss Jubet

“Sinomat minimal 88 jt, Biaya catring 25 jt, Biaya gedung & godang 40 juta, Biaya baju pengantin ortu pengantin 30 jt, Biaya make up pengantin 25 juta, Biaya fotografer 8jt”

“Biaaya Cincin nikah frank &co 35jt, Biaya penginapan tamu jauh 15jt, Biaya tak terduga 30 jt” ungkap wanita tersebut sambil bergoyang dengan lagu adat Batak. Jika ditotalkan semuanya,

Kira-kira biaya yang harus dipersiapkan untuk menikah orang Batak ialah 296 juta. Jika dibulatkan, seseorang harus mempersiapkan uang sebesar 300 juta.

Waw, sungguh harga yang sangat fantastis. Sontakm unggahan wanita itu dibanjiri komentar dari warganet.

“yaelah.. macem beruk aja sinomat 88 jt.. autu gak nikah juga” komentar akun @SilvisSiregar****

Baca juga: Ini Pesona Khusus Seorang Pria Batak

“Boru Batak emang mahal guys apelagi ada sekolahnya min 100 jt sinomat,

“Pd rame komen ‘mahal’ atau gak sampe segitu kok kwkwkwk pdahal maksud konten kk ini bahwa: semua boru Batak berharga, adatnya sakral dan u/ selamanya” tambah @ListaAyu****

Terpopuler