Toilet Umum Istano Basa Pagaruyung Kotor dan Bau, Bupati Eka Putra Marah-marah

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Bupati Tanah Datar Eka Putra marah mendapati toilet umum di Istano Basa Pagaruyung kotor dan berbau, ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Ia pun langsung memanggil pejabat Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) segera hadir dan turut mendampinginya saat Sidak.

“Toilet harus bersih dan harum serta harus dijaga. Saya tidak ingin nama Istano Basa yang sudah bagus, rusak hanya karena toilet yang tidak bersih,” kata Eka, Sabtu (30/4/2022) kepada Sekretaris Dinas Pariwisata Yessy Akmaliza dan Kabid Pariwisata Efrison.

Bupati Eka menegaskan, Pemerintah Tanah Datar telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebab, Tanah Datar tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) pertambangan yang besar.

“Kita tidak mau kecolongan terhadap pelayanan kurang baik di Istano Basa Pagaruyung yang merupakan ikon wisata Sumatra Barat dan kebanggaan masyarakat Tanah Datar, karena itu saya lakukan Sidak untuk melihat kondisi sebenarnya,” kata Bupati Eka.

Melihat kondisi itu, Eka juga meminta kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar untuk mempersiapkan Istano Basa Pagaruyung sebaik mungkin dalam menyambut kedatangan para pengunjung dan wisatawan selama libur Idulfitri tahun ini.

“Bapak dan Ibuk di Dinas Parpora, saya harap pro aktif dalam mempersiapkan beberapa objek wisata andalan Tanah Datar yang bakal dikunjungi para wisatawan dan perantau yang mudik tahun ini, terutama toilet serta jaminan keamanan dan kenyamanan pengunjung,” tegas Eka.

Selepas itu, Bupati Eka Putra juga meninjau beberapa fasilitas umum lainnya termasuk posko kesehatan, Pos PAM Lebaran yang berada di kawasan Istano, serta tempat penjualan e-ticket masuk Istano.

“Sidak ini sengaja saya lakukan, dalam rangka mengetahui kondisi sebenarnya kesiapan pengelola dalam menyambut kunjungan wisatawan. Sidak juga bisa mengetahui kekurangan, sehingga dalam sisa beberapa hari sebelum hari H, persiapan pengelola betul-betul maksimal dan sempurna,” tukasnya.

Baca juga: Jadi Andalan PAD Luhak Nan Tuo, Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung Dibenahi

Selama berada di Istano Basa Pagaruyung, Bupati Eka juga menyempatkan waktu untuk berdialog dan berswa foto dengan beberapa pengunjung yang rata-rata adalah perantau Tanah Datar yang berasal dari Medan, Bandung dan juga dari Jakarta. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist