Bus NPM Diserbu Pemudik dari Jawa ke Sumbar, Tiket Ludes Hingga H+2 Lebaran

Penulis: Irfan Denas

Padang, Padangkita.com – Perusahaan Otobus (PO) Naikilah Perusahaan Minang (NPM) mencatat tiket perjalanan dari Jabodetabek dan Bandung menuju Sumatra Barat (Sumbar) hingga 4 Mei 2022 atau H+2 lebaran ludes terjual.

“Peningkatan permintaan tiket NPM pada musim mudik tahun ini terjadi sejak 20 April. Untuk perjalanan dari Pulau Jawa ke Sumbar hingga 2 Mei 2022, tiket sudah habis terjual,” kata Direktur Pemasaran dan Operasional NPM Vicki Vircansa Chairul kepada Padangkita.com, Kamis (28/4/2022).

Vicki menyebut total pemesanan tiket NPM untuk arus masa mudik tahun ini naik hingga dua kali lipat dari tahun lalu. 10 armada yang tersedia untuk keberangkatan dari Pulau Jawa ke Sumbar setiap hari terisi penuh.

“Armada kami full semua untuk arus mudik. Tak tertutup kemungkinan akan ada penambahan armada,” imbuh dia.

Peningkatan permintaan tiket NPM, kata Vicki, juga terjadi untuk arus balik dari Sumbar menuju Jabodetabek dan Bandung untuk perjalanan 3-17 Mei 2022 .

“Hingga hari ini, tingkat keterisian penumpang sudah 80 persen. Armada yang diberangkatkan sama, 10 armada setiap hari,” tuturnya.

Penambahan Armada Bus NPM

Armada NPM
Armada NPM Sutan Class. [Foto: Ist]
Vicki mengatakan, NPM menambah 15 unit armada menjelang musim mudik lebaran tahun ini. Total, NPM sudah memiliki 85 armada, termasuk armada bus pariwsata Vircansa.

“Penambahan armada ini bagian dari program peremajaan bus NPM. Jadi setiap tahun sejak 2011, ada penambahan dan peremajaan armada 5-10 unit. Khusus untuk mudik tahun ini, 15 unit armada,” terang Vicki.

NPM juga melayani rute Padang–Jambi (pulang pergi) dengan 3-5 armada setiap hari dan Padang-Jambi (pulang pergi) dengan 2–3 kali armada setiap hari.

Dalam penjualan tiket, NPM bekerja sama dengan aplikasi pemesanan tiket perjalanan seperti RedBus dan Traveloka.

“Tiket juga dijual di perwakilan agen kami yang resmi. Totalnya, 60 agen. Selain Jabodetabek, ada di Jawa Barat, Banten, Lampung, Jambi, Sumatra Utara, dan tentunya Sumbar. Di Sumbar, agen ada di semua daerah, kecuali daerah pesisir,” jelas Vicki.

Bus NPM memiliki tiga pilihan layanan yakni Bisnis, Executive Plus, dan Sutan Class. Seluruh layanan memiliki fasilitas toilet dan AC.

Baca juga: Tiket Pesawat Jakarta-Padang Ludes, Tersisa Kelas Bisnis dengan Harga Capai Rp6,8 Juta

“Bisnis melewati Lintas Tengah Sumatra, sedangkan Executive Plus melewati Tol Lampung-Palembang. Sutan Class baru diluncurkan tahun 2022 ini, dengan fasilitas tambahan meliputi sandaran betis (leg rest), kursi yang bisa disesuaikan atau reclining, dan air purification untuk membasmi virus,” papar Vicky. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist