Terungkap, Peneliti Yakini Bau Badan di Ketiak Manusia Warisan Leluhur

Penulis: Julia Fitri

Berita viral terbaru: Para peneliti meyakini bahwa bau badan di ketiak manusia merupakan warisan nenek moyang terdahulu. Ada semacam mikroba mephitic yang membuat ketiak mengeluarkan bau menyengat.

Padangkita.com – Salah satu bagian tubuh yang rentan mengeluarkan bau tak sedap adalah ketiak. Masalah ketiak merupakan hal yang sangat sensitif bagi banyak orang.

Bagaimana tidak? Jika seseorang tersebut mengeluarkan bau badan yang tidak sedap, maka akan mengganggu orang-orang yang berada di sekitarnya.

Tak sedikit pula orang yang menjauh darinya karena tak tahan dengan bau yang dikeluarkan dari badannya. Bau yang keluar dari badannya tersebut, bersumber dari bau ketiak yang tidak sedap.

Oleh sebab itu, para ilmuan mencoba melakukan penelitian tentang misteri bau badan yang berasal dari ketiak manusia.

Menguti The Guardian, para peneliti Universitas York menelusuri sumber bau ketiak dari beberapa enzim yang terdapat di dalam mikroba yang hidup di ketiak manusia.

Untuk membuktikan enzim tersebut, para ilmuwan mencoba memindahkannya pada anggota komunitas mikroba ketiak dan mencatat perkembangannya.

Alhasil para ilmuwan itu pun senang karena enzim tersebut menunjukan reaksi dan mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, para ilmuwan lalu meyakini bahwa manusia telah mewarisi mikroba mephitic dari nenek moyang primata kuno terdahulu.

“Kami telah menemukan cara bagaimana bau ketiak itu dihasilkan” ujar Prof. Garvin Thomas, seorang ahli dari tim mikrobiologi senior.

Baca juga: Menggelikan, Wanita Temukan Pembalut dalam Makanannya

Manusia tidak dapat menghasilkan komponen enzim BB (bau badan) yang menyengat secara langsung. Bau yang menggangu tersebut, yang dikenal sebagai thioalcohols, dikeluarkan sebagai produk sampingan ketika mikroba mengkonsumsi senyawa lain yang berada pada kulit.

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist