PO Legendaris Budiman Rilis Bus Baru Trayek Semarang – Tasikmalaya, Ini Spesifikasinya

Penulis: Isran Bastian

Magelang, Padangkita.com – Perusahaan Otobus (PO) legendaris Budiman merlis armada bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) terbaru. Unit tersebut merupakan bus peremajaan yang bakal melayani trayek Semarang – Tasikmalaya untuk kelas ekonomi.

“Tentu ini sangat nyaman banget ya untuk kelas ekonomi,” beber YouTuber bus, Djhon SKM dalam unggahan video terbarunya di Kantor Karoseri Trisakti di Magelang, dilihat Padangkita.com, Selasa (22/11/2022).

Sebelumnya, unit lama tersebut merupakan bus trayek pariwisata Subur Jaya yang menggunakan sasis Hino RN285. Bus lama tersebut diremajakan dengan disangkan body Jetbus 2 Setra dengan pesona kaca tunggal dari Karoseri Adiputro.

Saat di Karoseri Trisakti, bus tersebut hanya dilakukan penggantian cat atau livery, dari livery sebelumnya menjadi livery PO Budiman dengan warna dasar silver.

“Meskipun armadanya second, tapi kaki-kakinya masih empuk banget ya teman-teman,” puji Djhon yang mencoba langsung menumpangi armada bus tersebut.

Masuk ke area kabin penumpang, bus ini cukup lebar dengan total 50 seat buatan Aldila, dengan konfigurasi 2-2.

Penampakan kabin penumpang bus baru PO Budiman saat keluar dari Karoseri. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Djhon SKM]
Diketahui, Budiman adalah salah satu PO yang berbasis di Kota Tasikmalaya yang didirikan oleh Saleh Budiman, yang berawal dari usaha truk. Kemudian pada tahun 1992 dia mengubah usahanya menjadi usaha angkutan bus, dengan nama PO Budiman.

Bermodalkan 4 unit bus pertama, bus Budiman melayani lokal Priangan Timur saja, seperti daerah Tasikmalaya dan juga Ciamis pada saat itu.

PO Budiman. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Saat ini Budiman memiliki layanan yang cukup beragam, seperti perjalanan pariwisata, bus antar kota dalam provinsi dan juga bus antar kota antar provinsi, dengan berbagai tujuan, seperti menuju Jabodetabek, Wonosobo, Cirebon, Semarang dan kota-kota lainnya di pulau Jawa, seperti di Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jogjakarta hingga ke Jawa Timur.

Budiman salah satu perusahaan otobus dengan jumlah armada yang cukup banyak di Indonesia, yaitu lebih dari 900 unit armada. Maka tidak heran hampir tiap saat anda akan berpapasan dengan bus yang satu ini, khususnya Anda yang melakukan perjalanan seputar di daerah Jawa Barat.

Baca Juga: Daftar 7 Perusahaan Bus Terbanyak di Indonesia, Nomor 1 Eksis Sejak Zaman Jepang

Sekarang manajemen PO Budiman diteruskan oleh anak Saleh Budiman yaitu Dede Sudrajat. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist