Kerja Sama dengan LIPIA, UNP Buka Prodi Bahasa Arab Mulai Semester Depan dan Ada Beasiswa

Penulis: Irfan Denas

Padang, Padangkita.com – Universitas Negeri Padang (UNP) bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta membuka Pogram Studi (Prodi) D-II Bahasa Arab.

Rektor UNP Ganefri mengatakan, pembukaan prodi tersebut telah disetujui dan akan direalisasikan pada semester mendatang.

“UNP berupaya merealisasikannya di Semester Juli-Desember 2022 mendatang,” katanya, Senin (11/4/2022)

Pembukaan prodi tersebut, imbuh dia, merupakan bagian dari realisasi kerja sama dengan Kedutaan Besar Arab Saudi beberapa waktu sebelumnya.

“Komitmen UNP setelah terjalinnya kerja sama, telah banyak yang direalisasikan, misalnya melalui pengembangan Saudi Corner dan pembukaan Prodi D-II Bahasa Arab di UNP,” tuturnya.

Ganefri menambahkan, pihak LIPIA akan memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa prodi tersebut dan memfasilitasi studi lanjut ke Universitas Al-Imam Arab Saudi.

Direktur LIPIA Bandar bin Said Al Ilmi menyampaikan terima kasih kepada Rektor UNP yang telah memfasilitasi kerja sama. Pihaknya saat ini tengah menyiapkan kurikulum Bahasa Arab untuk diterapkan di UNP.

“Tentunya mengakomodasi muatan kurikulum nasional yang ada di Indonesia, khususnya dalam mata kuliah wajib nasional,” sebut dia.

Baca juga: Di UNP, Mahasiswa Berkesempatan Jadi Asisten Dosen dan Diberi Honor

Ke depan, kata dia, LIPIA juga berencana membuka cabang di UNP. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist