Peran Tersangka Teroris Tangsel: Turun ke Sumbar Buka NII Wilayah Baru

Padang, Padangkita.com – Polri mengungkap peran lima tersangka teroris terkait jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap di Tangerang Selatan (Tangsel). Mereka ditangkap berdasarkan hasil pengembangan dari pengungkapan di Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, lima tersangka yang ditangkap di Tangsel tersebut yaitu berinisial SA, SO, TA, MA, dan AH.

Dia menuturkan, tersangka SA memiliki peran menghadiri pertemuan kelompok NII di Green Village Depok, memegang rekening NII, dan menyelenggarakan pergantian struktur.

Sementara itu, tersangka SO berperan sebagai Ketua Wilayah Tangsel. Dia juga hadir dalam pertemuan kelompok NII di Green Village Depok.

“Tahun 2019, (dia) datang ke Sumbar bertemu dengan kelompok NII Sumbar sebanyak 250 orang di wilayah Sawahlunto,” ujar Ramadhan saat konferensi pers seperti dipantau di akun YouTube milik Divisi Humas Mabes Polri, Selasa (12/4/2022).

Lalu, tersangka TA berperan terlibat langsung turun ke wilayah Sumbar untuk membuka wilayah baru.

Kemudian, tersangka MH berperan sebagai Sekretaris NII Tangsel serta hadir dalam pertemuan di Green Village Depok.

“(Tersangka MH) mengirimkan barang barang yang dibutuhkan sesuai arahan melalui email,” sebut Ramadhan.

Selanjutnya, tersangka AH memiliki keterlibatan sebagai Ketua NII Wilayah Tangerang dan turun langsung ke Sumbar untuk membuka wilayah baru.

Baca Juga: Densus Amankan Sejumlah Barang Bukti dari Kelompok NII Sumbar

Sebagai informasi, lima orang tersebut ditangkap pada 3 April, berdasarkan hasil pengembangan dari pengungkapan tersangka teroris di Sumbar. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist