Ini Sejarah Asal Mula Nama Benua di Dunia

Penulis: Putri

Berita Viral dan Trending: Sejarah asal mula pemberian nama pada benua-benua yang ada di dunia.

Padangkita.com – Benua merupakan daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Secara umum diketahui ada tujuh benua di dunia.

Benua-benua tersebut yakni Asia, Afrika, Oceania atau Australia, Antartika, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Baca Juga

Baca juga: Ini Wanita yang Punya Bentuk Tubuh Paling Sempurna di Dunia

Setiap benua memiliki sejarah tersendiri sehingga dikenal dengan nama-nama tersebut. Dilansir dari beberapa sumber, berikut sejarah awal mula nama pada benua-benua di dunia.

1. Benua Afrika

Dalam budaya Romawi, nama ‘Afrika’ disebut dengan Tunisia sebagai “Afrika terra.” Jika diterjemahkan Afrika terra memiliki arti ‘tanah Afri’ atau jamak. Sementara ‘tanah Afer’ berarti tunggal.

Terdapat beberapa teori tentang asal mula kata ‘Afer’. Ada yang mengatakan kata tersebut berasal dari Yunani, bahasa Latin dan teori lainnya. Nama itu mulai berkembang sampai mencakup wilayah yang lebih luas dari Tunisia.

Terdapat beberapa beberapa provinsi seperti Tripolitania yang dulu bekas provinsi Libya. Kini daerah tersebut telah ditambahkan ke dalam wilayah Afrika.

Saat abad pertengahan orang Eropa menyebut wilayah itu dengan nama Afrika. Hingga kini kata tersebut dijadikan untuk nama untuk menyebut benua yang didominasi oleh orang kulit hitam itu.

Terpopuler

Add New Playlist