Hot: Berlibur ke Kampung Janda, Kamu Bisa Membawa Ini Sebagai Oleh-oleh

Penulis: Sonia

Padangkita.com – Seperti diketahui, di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini banyak nama kampung unik bermunculan akibat perubahan keadaan tempat, maupun kebiasaan unik penduduknya.

Baca juga: Dianggap Sepele, Ini 6 Tanda Seseorang Naksir Kamu No. 6 Biasanya Sering Terjadi Loh

Salah satunya di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang memiliki daerah unik bernama Kampung Janda. Tentunya kamu sudah bisa menebak alasan pemberian nama tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang menarik mengenai Kampung Janda di Kalimantan Selatan itu. Awalnya kehidupan di kampung tersebut biasa-biasa saja.

Namun, kampung yang sebenarnya bernama Batuah itu sejak 10 tahun terakhir banyak dihuni oleh wanita yang sudah tidak bersuami alias janda dari berbagai usia. Rata-rata usianya 25 tahun ke atas.

Baca juga: Gak Dikenali Lagi Setelah Oplas Wajah, Wanita Ini Ditolak Keluarga

Ada sekitar 35 KK yang merupakan janda. Alasan para wanita tersebut menjadi janda juga beragam, ada yang karena suaminya meninggal.

Bahkan, ada pula janda dari banyak suami menjadi satu suami saja. Jadi maksudnya si wanita tersebut punya banyak pasangan alias polyandri, namun hanya satu pria yang tersisa.

Sebagian orang terkadang memandang negatif pada wanita yang berstatus janda. Meski sebenarnya status tersebut mungkin bukan kenginanan dari mereka sendiri.

Baca juga:

Seperti halnya yang terjadi di Kampung Janda ini. Berawal dari adanya bencana banjir yang pernah menerjang daerah ini, lalu salah seorang warganya diwawancara oleh wartawan.

Tanpa sengaja warga bernama Nurhansyah, menyebutkan bahwa yang menjadi korban dalam bencana banjir kebanyakannya janda.

Dari situlah wartawan menyimpulkan daerah itu dengan julukan Kampung Janda, yang kemudian menyebar luas.

Terpopuler

Add New Playlist