Di Balik Pahitnya Teh Tawar, Ini Sederet Manfaatnya

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Teh merupakan salah satu minuman favorit selain kopi. Teh bisa disajikan dingin atau panas. Selain itu, teh dapat dinikmati baik pakai gula maupun tanpa gula alias teh tawar.

Teh tawar memang punya rasa yang sepat cenderung pahit. Namun ternyata kebiasaan minum teh tawar dapat berdampak baik untuk kesehatan lho.

Secara umum, teh mengandung alkaloid, yaitu senyawa kafein, theobromin dan theofolin.

Selain itu teh juga mengandung mineral diantaranya magnesium, kaliun, flour, natrium, kalsium, seng, mangan dan cuprum.

Hebatnya teh juga salah satu sumber antioksidan. Lalu apa saja ya manfaat teh tawar untuk kesehatan?

1. Membakar lemak

Semua jenis teh rendah kalori. Namun jika itu dikonsumsi tanpa gula. Kandungan kafein dan polifenol ampuh untuk membakar lemak dalam tubuh.

2. Menstabilkan gula darah

Teh tawar dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. karena teh tawar rendah kalori, jadi teh tawar dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebab dehidrasi dalam tubuh ternyata juga dikaitkan dengan tingginya gula darah pada penderita diabetes.

3. Mengatasi insomnia

Kandungan theanine dalam teh tawar diklaim dapat memberikan rasa tenang dan rileks bagi tubuh. Hal itu akan membuat tidur lebih cepat dan nyenyak.

4. Mencegah risiko kanker

Jika Anda rutin minum teh tawar dapat mencegah kanker. Sebab teh mengandung antioksidan dan polifenol yang berperan penting melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

Sangat dianjurkan untuk konsumsi teh hijau dan teh hitam. Kedua jenis teh ini memiliki antioksidan paling tinggi.

5. Redakan stres

Teh tawar juga bisa untuk meredakan stres lho. Itu karena teh mengandung senyawa Theanine dan asam amino yang bertugas mengatasi stres.

Baca Juga: Begini Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Meski punya manfaat untuk kesehatan, namun perlu diingat sesuatu yang berlebihan tidak baik. Jadi cukup minum teh tawar 2 cangkir dalam satu hari ya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist