Cerita Nagari Atar, Pencetak Para Pengusaha Fotokopi yang Telah Menyebar di Seluruh Indonesia

Penulis: Agg

Batusangkar, Padangkita.com – Siapa yang tak kenal dengan photocopy atau fotokopi? Hampir semua orang mungkin pernah menggunakan jasa mesin untuk memperbanyak dokomen ini. Namun, siapa sangka, ternyata sebagian besar pengusaha atau pengelola mesin fotokopi di negara ini berasal dari Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang.

Perantau asal Nagari Atar telah menyebar di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa, Sumatra dan pulau lainnya di Indonesia. Tak heran, Nagari Atar kemudian dikenal dengan Nagari Fotokopi.

Untuk mengabadikan kesuksesan itu, di Nagari Atar dibangun sebuah tugu fotokopi, yang sekarang posisinya berada tepat di depan kantor wali nagari setempat.

Tugu itu dibangun atas kesepakatan dari semua perantau yang pada umumnya adalah pengusaha fotokopi. Tujuannya, agar orang-orang tahu sebagian besar perantau asal nagari itu adalah pengusaha fotokopi.

Mungkin belum semua orang tahu di mana letak Nagari Atar tersebut. Gambaran umum, secara geografis, Nagari Atar terletak lebih kurang 25 km dari Kota Batusangkar, Ibu Kota Kabupaten Tanah Datar.

Nagari ini masuk wilayah administrasi Kecamatan Padang Ganting yang umumnya kawasan pertanian, meskipun keadaan tanahnnya tidak termasuk subur dibanding kawasan lain di Tanah Datar.

Nagari Atar memiliki luas lebih kurang 4.500 hektare yang terbagi tiga Jorong. Jorong Taratak VIII seluas 1.400 hektare, Jorong Taratak XII seluas 1.500 hektare, dan Jorong Lareh Nan Panjang seluas 1.600 hektare.

Menurut hasil Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) Kabupaten Tanah Datar Keadaan Semester II Per 31 Desember tahun 2014, jumlah penduduk Nagari Atar tercatat sebanyak 5.066 jiwa. Terdiri dari laki-laki sebanyak 2.489 orang dan perempuan sebanyak 2.566 orang.

Dan, Kepala Keluarga sebanyak 1.542 KK yang tersebar merata di tiap jorong. Data terbaru, jumlah penduduk Nagari Atar telah mencapai 5.400 KK.

Terpopuler