1 Tahun di Pluto Sama dengan 248 Tahun di Bumi

Penulis: Putri

Berita Viral dan Trending: Pluto miliki perputaran waktu lama lantaran satu tahun di Pluto sama dengan 248 tahun di Bumi.

Padangkita.com – Ploto dikenal sebagai planet yang memiliki ukuran kecil di tata surya. Pada tahun 2006, Pluto dikategorikan sebagai planet kerdil bersama tiga objek lain.

Dilansir dari Space Place NASA, tiga objek tersebut yakni Ceres, Makemake dan Eris.

Baca Juga

Menurut data dari NASA, Pluto terletak di Sabuk Kuiper bersama planet kerdil lainnya. Tak jauh berbeda dengan planet lain yang tinggal di Sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es.

Di Sabuk Kuiper sendiri, Pluto merupakan objek terbesar dibandingkan planet kerdil lainnya. Beberapa ilmuan menyebut Pluto dengan julukan ‘Raja sabuk Kuiper’.

Ilmuan NASA menggambarkan Pluto memiliki lingkungan yang sangat aneh. Hal aneh lainnya yakni Pluto tidak mengorbit pada Matahari seperti planet lainnya.

Tak hanya itu, Pluto juga memiliki waktu berputar yang sangat lama. Pasalnya, satu tahun di Pluto sama dengan 248 tahun di Bumi. Hal itu dikarenakan letak Pluto yang sangat jauh dengan Matahari.

Saking jauhnya Pluto dari Matahari, planet itu bahkan hanya mendapat terang cahaya dari Matahari sama dengan cahaya bulan purnama di Bumi.

Tentu saja tak bisa dibayangkan bagaimana gelap dan dinginnya permukaan Pluto yang tidak terkena cahaya Matahari.

Selain itu, jika seseorang tinggal di Pluto, mereka akan melihat Charon. Benda langit itu merupakan satelit terbesar Pluto. Satelit tersebut hanya berada pada satu sisi planet tersebut.

Sementara orbit Charon berada sekitar Pluto. Untuk mengelilingin Pluto, Charon membutuhkan sekitar enam setengah hari di Bumi.

Charon selalu melayang di tempat yang sama di permukaan Pluto. Selain itu sisi yang sama pada Charon selalu menghadap Pluto.

Baca juga: Ini Momen Memalukan Pengantin Wanita karena ‘Make Up’ Gagal

Sebelumnya pada 2006 lalu, Pluto tak termasuk dalam planet di tata surya.

Hal itu merupakan hasil dari pertemuan umum International Astronomy Union (IAU). Dari hasil pertemuan tersebut Pluto dianggap hanya memenuhi dua kriteria dari sebuah planet.

Dilansir dari Kompas.com (21/1/2016), astronom menemukan petunjuk keberatan jika planet kesembilan itu. planet tersebut bukan Pluto yang sudah dikeluarkan dari posisinya sebagai planet. [*/Prt]


Baca berita viral dan trending hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist