Viral, Artis Korea Pakai Batik

Penulis: Putri

Berita artis terbaru, gosip artis, gosip terbaru dan berita Kpop terbaru: Pakaian batik semain mendunia hingga dipakai oleh beberapa selebriti Korea Selatan.

Padangkita.com – UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia dalam bentuk budaya lisan dan non-bendawi.

Bangsa Indonesia tampaknya harus merasa bangga lantaran batik kini sudah semakin dikenal dan mendunia.

Baca Juga

Bahkan beberapa kali para pelaku hiburan Korea Selatan tampak menggunakan batik untuk menunjang penampilannya, baik saat tampil di atas panggung ataupun beradu akting di drama.

Gil Hae Yeon di drama A Eccentric! Chef Moon pernah terlihat mengunakan pakaian batik di serial tersebut. Selain itu, Lizzy eks After School juga pernah memakai bati di drama tvN Oh My Baby.

Belum lama ini, drama JTBC Private Lives yang tayang pada 7 Oktober pun memperlihatkan pemainnya memakai pakaian batik motif parang. Dalam foto teaser drama tersebut memperlihatkan aktris Song Seon Mi yang berperan sebagai Kim Mi Sook dan ibu dari karakter Seohyun tampak mengenakan gaun yang mirip dengan Gil Hae Yeon dan Lizzy.

Dilansir dari Tumpi.id, Batik yang dipakai dalam drama Korea itu merupakan jenis Parang Rusak Barong. Motif tersebut diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Dulunya batik jenis tersebut hanya boleh dipakai oleh raja.

Dalam kebudayaan Indonesia sendiri, Parang Rusak Barong memiliki makna yang cukup mendalam. Makna tersebut yakni, raja sebagai pemimpin harus selalu hati-hati, dapat mengendalikan diri untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, berwatak dan berperilaku luhur.

Di Indonesia sendiri, Batik Parang menjadi salah satu motif paling tua. Batik tersebut diperkirakan sudah ada sejak zaman keratin Mataram Kartasura (Solo).

Jika dilihat batik tersebut nampak seperti membentuk huruf S yang memiliki arti mendalam. Huruf S diartikan saling menjalin dan melambangkan sebuah kesinambungan dan menggambarkan jalinan hidup yang tidak pernah putus.

Tak hanya dikenakan oleh para pemain drama, baju batik juga pernah dipakai oleh beberapa idol K-pop papan atas. Para idol tersebut seperti Sehun dan Kai EXO, Tiffany SNSD, Hangyul X1, J-Hope BTS, MAMAMOO, DAY6, dan banyak lagi.

Mereka tak hanya menggunakan pakaian batik jenis parang, namun beberapa motif batik lainnya. Biasanya para idol K-pop mengunakan pakaian batik saat berkunjung ke Tanah Air untuk menyapa penggemarnya atau dalam pemotretan majalah. [*/Prt]


Baca berita artis terbaru, gosip artis, gosip terbaru dan berita KPop terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist