Berita

Penandatanganan LoI Sumbar dan Jeollabuk-Do, Gubernur Kim Kwan-young Singgung soal K-Pop

×

Penandatanganan LoI Sumbar dan Jeollabuk-Do, Gubernur Kim Kwan-young Singgung soal K-Pop

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Gubernur Jeollabuk-Do, Korea Selatan, Kim Kwan-young menunjukkan Letter of Intent (LoI) sebagai permulaan kerja sama Sister Province. [Foto: Diskominfotik Sumbar]

Batusangkar, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dan Gubernur Jeollabuk-Do, Korea Selatan, Kim Kwan-young resmi menandatangani Letter of Intent (LoI) sebagai permulaan kerja sama Sister Province.

Dokumen LoI atau komitmen awal ditandatangani kedua guberner di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (17/2/2023).

LoI ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan Memorandum of Understanding (MoU), khususnya di bidang pendidikan, pariwisata, pertanian, perikanan, industri dan tenaga kerja.

Kerja sama regional dan internasional ini, dipandang mampu memacu peningkatan laju perekonomian masyarakat Sumbar serta dapat menjadi ajang pertukaran inovasi antara kedua belah pihak.

Oleh karena itu, Gubernur Mahyeldi menekankan agar kerja sama bisa diturunkan hingga ke level pemerintahan terendah.

“Jika perlu akan dibentuk semacam tim kerja sama, guna memastikan komunikasi dan kolaborasi dengan pemerintah Jeollabuk-Do menjadi lebih intens,” ungkap Gubernur Mahyeldi usai menandatangani LoI.

Ia menambahkan, setelah nantinya ada MoU, pihaknya akan merencanakan untuk membuat agenda tahunan di masing-masing daerah sesuai dengan poin-poin kesepakatan, sehingga menjadi lebih implementatif bagi kedua daerah.

Sementara itu, sebagai langkah awal, Gubernur Provinsi Jeollabuk, Korea Selatan, Kim Kwan-young mengatakan akan membuka kelas pembelajaran bahasa Korea, karena tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea dan industri K-Pop.

Ia juga menegaskan akan menyikapi kerja sama ini dengan sebaik-baiknya, melalui pertukaran informasi antara kedua belah pihak terkait potensi-potensi yang berpeluang untuk selanjutnya dikerjasamakan lebih serius lagi.

“Saya akan memulai kerja sama ini dengan sebaik mungkin dan akan menggandeng bapak Gubernur Sumatra Barat untuk bersama sama menuju daerah yang berkembang dan maju nantinya,” ungkapnya.

Baca juga: Sister Province segera Ditindaklanjuti, Gubernur Jeollabuk-Do akan Buka Sekolah Bahasa Korea di Sumbar

“Pemerintah Sumatra Barat juga diharapkan dapat menangkap peluang ini guna menarik semakin banyak wisatawan asal Korea Selatan berkunjung ke Sumbar,” ujar Gubernur Kim. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News