Tuanku Bosa XIV Pucuak Adat Talu Fadlan Maalif Tutup Usia

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Tuanku Bosa XIV Pucuak Adat Talu, Fadlan Maalip meninggal dunia

Simpang Empat, Padangkita.com – Tuanku Bosa XIV Pucuak Adat Talu, Fadlan Maalip tutup usia pada usia 78 tahun. Tokoh adat kelahiran 5 Juli 1942 ini sebelumnya sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP)  M. Djamil Padang sejak Jumat (12/2/2021) lalu.

Camat Talamau, Nur Fauziah Zein dikonfirmasi Padangkita.com membenarkan perihal kabar duka tersebut. Ia mengatakan, Almarhum meninggal dunia pada Sabtu (20/2/2021) malam sekitar pukul 22.00 WIB di RSUP M. Djamil Padang.

“Almarhum rencananya akan dimakamkan hari ini di istana Tuanku Bosa Koto Dalam, Talu,” kata Nur Fauziah kepada Padangkita.com, Minggu (21/2/2021) pagi.

Ia mrnyebutkan awalnya Almarhum mengalami demam dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat (Pasbar) untuk dirawat. Setibanya di RSUD, Almarhum tes rapid antigen dengan hasil reaktif dan akhirnya Almarhum dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang.

“Semoga Almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT, Aamiin,” ujarnya.

Diketahui, Fadlan Maalip merupakan seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dokter dan sarjana kesehatan masyarakat. Selain itu, Tuanku Bosa Talu ini juga mendapatkan gelar bangsawan dari Pakubuwono XII Kasunanan Surakarta Hadiningrat yakni Sorualam.

Gelar Sorualam merupakan gelar kedua pewaris trah Tuanku Bosa ini. Sebelumnya, juga disandang oleh Sutan Sorualam Tuanku Bosa IX yang menerima “kulipah” dari mamaknya (paman) Tuanku Bosa VIII pada tahun 1845, dan menerima wasiat sebagai pengganti pada tahun 1854.

Baca Juga: Rumah Gadang Tuanku Bosa XIV Talu Pasaman Barat Kembali Dibuka

Sedangkan Tuanku Sorualam Tuanku Bosa XIV Fadlan Maalif, menerima “kulipah” dan wasiat dari kakaknya Tuanku Bosa XIII pada bulan Februari dan Maret tahun 2007. [pkt]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist