Siswa SMAN 2 Payakumbuh Antusias Dikunjungi Alumni Dr. Geofakta Razali

Penulis: Redaksi

Payakumbuh, Padangkita,com – Para siswa SMA Negeri 2 Payakumbuh merasakan sebuah euforia yang begitu tinggi dalam menyambut ujian akhir sekolah yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Hal itu terlihat dalam seminar yang dilakukan secara offline terbatas yang dihadiri oleh hampir 300 lebih siswa sekolah tersebut, Sabtu (12/3/2022).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka untuk memperlengkapi para siswa yang masih bingung menemukan passionuntuk menghadapi tahap selanjutnya, termasuk bertahan di era digital.

Pada sesi ini menghadirkan salah seorang alumni yang dikenal dengan kemampuannya dalam melatih performance diri, yaitu Dr. Geofakta Razali. Dia adalah lulusan doktor ilmu komunikasi Universitas Sahid Jakarta yang kini menjabat sebagai Direktur Nata Academy, dan dosen ilmu komunikasi di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta.

Sebagai alumni yang bisa dikatakan sukses dalam kemampuan teori dan praktis dalam kehidupan dan pengembangan karir, Geofakta tidak hanya berbagi pengalaman saat SMA, kuliah, dan bekerja. Ia juga memberikan tips menemukan passion dalam hidup. Karena passion merupakan sebuah long life learning yang dapat membantu untuk menemukan identitas diri.

Nilai-nilai yang dipegang dan diajarkan lainnya yaitu seperti integrity, commitment, care, dan excellence yang akan sangat berguna saat mereka bekerja.

Geofakta juga menjelaskan pentingnya beradaptasi seperti nilai yang terkandung pada budaya Minangkabau yaitu “Di mana Bumi Dipijak, Di situ Langit Dijunjung” dengan menerapkan sosial rekognisi sebagai pengakuan terhadap perbedaan.

Geofakta lalu menjawab pertanyaan dari para siswa yang sangat antusias dengan tema ini, seperti bagi yang merasa terpaksa memilih jurusan karena keinginan orang tua, atau salah jurusan, dan bagaimana berkomunikasi yang baik untuk mengemukakan pendapat.

Jika merasa berada di titik terendah, Geofakta mengatakan kepada para siswa untuk perlunya “take a break” dan mengumpulkan energi dengan cara yang disenangi.

Geofakta memotivasi para siswa untuk menikmati proses kuliah dengan enjoy dan mencari lingkungan yang tepat untuk belajar. Passion pun menurutnya dapat ditemukan saat kita melakukan yang terbaik dan fokus pada hal positif.

Baca juga: Ratusan Kura-kura Moncong Babi Diperoleh Pedagang Payakumbuh dari Papua, Diekspor ke Vietnam dan Thailand

Menutup sesi, masih banyak pertanyaan yang belum bisa dijawab karena keterbatasan waktu. Namun, Geofakta menginformasikan dapat menghubunginya melalui sosial media @geofakta, khususnya Instagram. Sesi ini kemudian dilanjutkan dengan sesi muhasabah. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist