Salat Id di Lapangan Gumarang Batusangkar, Ini Informasi Lengkap Rekayasa Lalu Lintas dan Tempat Parkir

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memastikan pelaksanaan salat Idulfitri 1443 Hijriah dipusatkan di Lapangan Gumarang Batusangkar.

Guna mengantisipasi kemacetan selama pelaksanaan salat Idulfitri, Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Datar bersama Polres Tanah Datar akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kadishub Tanah Datar, Nusyirwan kepada Padangkita.com, Sabtu (30/4/2022), mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut yaitu arus kendaraan dari arah Pagaruyung dialihkan ke kiri di depan SMA Negeri 1 Batusangkar menuju belakang Benteng. Sedangkan arus lalu lintas dari arah lapangan Cindua Mato menuju Pagaruyung dijadikan satu arah.

“Rekayasa lalu lintas ini untuk ketertiban lalu lintas sehingga tercipta suasana aman dan khusyuk bagi para jemaah yang bakal melaksanakan salat di Lapangan Gumarang,” katanya.

Untuk parkir kendaraan, Nusyirwan mengatakan, pihaknya juga telah melakukan rekayasa tempat parkir, baik bagi kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

“Kita telah kondisikan untuk parkir roda dua di halaman SMA Negeri 1 Batusangkar, halaman gedung perpustakaan, halaman SMPN 1 dan bekas TK Bhayangkari. Sedangkan roda empat di parkiran Gedung Nasional, depan lapangan Cindua Mato, Benteng Van Der Cappelen, SD Komplek, depan Gedung Promosi serta di Pasar Papan,” katanya.

Dalam melaksanakan rekayasa lalu lintas dan parkir, tambah dia, Dishub bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanah Datar dan juru parkir siap membantu para jemaah.

Sedangkan untuk menciptakan tertib lalu lintas, memberi rasa aman dan nyaman pengguna jalan raya dan pemudik, di Tanah Datar didirikan enam pos Operasi Ketupat 2022.

Baca Juga: Masih Ada 91 Warga Tanah Datar Belum Cabut Baiat ke NII, Bupati Eka: Mereka Kebanyakan Tinggal di Perantauan

“Di wilayah hukum Polres Tanah Datar ada tiga pos yakni di depan Lapangan Cindua Mato, Pos Ombilin, dan Pos Istano Basa Pagaruyung. Sedangkan di wilayah hukum Padang Panjang ada di Pos Lembah Anai, Pos Koto Baru dan Pos Kubu Karambia. Dan bahkan di Pasar Batusangkar juga ada Pos Pantau, dimana akan menangani masalah sangat urgent atau segera,” pungkasnya. [djp/fru]

Terpopuler

Add New Playlist