Polresta Tak Sekat Perbatasan di Padang Saat Mudik Lebaran, Ini Alasannya

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Polresta Padang fokus pada penegakan protokol kesehatan

Padang, Padangkita.com– Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Padang, Kombes Imran Amir mengatakan, pihaknya tak melakukan penyekatan di perbatasan, terutama kepada pemudik lokal yang masuk ke ‘Kota Bingkuang’.

Pasalnya, kata Imran, Kota Padang tidak masuk dalam kawasan perbatasan lintas provinsi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Penyekatan hanya dilakukan di lintas perbatasan provinsi yang ditetapkan Pemprov,” kata Imran saat ditemui Padangkita.com di Mapolresta Padang, Minggu (25/4/2021) dini hari.

Mantan Kapolres Sijunjung dan Dharmasraya tersebut mengatakan, pihaknya hanya akan fokus terhadap penegakan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Hal itu mengingat jumlah pasien positif di Kota Padang yang semakin meningkat.

“Masyarakat sudah abai terhadap penegakan prokes, terutama memakai masker, banyak yang berkerumun, yang kami khawatirkan adalah terbentuknya klaster baru,” katanya.

Imran menjelaskan, pihaknya mendirikan 10 pos dalam Operasi Ketupat Singgalang yang dimulai pada Kamis (6/5/2021). Rincinya, enam pos pengamanan dan empat pos pelayanan.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, pihaknya tidak melarang mudik dalam provinsi atau lokal, namun Pemprov melakukan penyekatan di sejumlah daerah perbatasan.

10 titik itu diantaranya, pos sekat Muaro Cubadak, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman dengan Sumatra Utara (Sumut). Kemudian, pos sekat Mapat Tunggul dan pos sekat provinsi Kampung Baru, Nagari Bantahan, Kecamatan Rabat, Kabupaten Pasaman Barat.

Selanjutnya, pos sekat Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota yang berbatasan dengan Riau. Pos sekat Silaut, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Muko-muko, Bengkulu.

Kemudian, pos Sekat Sako, Kecamatan Rahul Tapan, berbatasan dengan Kota Sungai Penuh, Jambi, pos sekat JTO Kamang, Kabupaten Sijunjung perbatasan dengan Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Berikutnya pos Sekat Simalidu berbatasan dengan Jambi. Pos sekat Sungai Rumbai, Kabupatem Dharmasraya dengan Kabupaten Muaro Bungo, Jambi.

Terkahir, pos Sekat Provinsi Kubang Gajah perbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dengan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Baca juga: Razia Yustisi Malam Minggu, 270 Orang Kedapatan Tak Pakai Masker, 136 Motor Ditilang di Padang

“Dalam pengamanan itu, sekitar 1.300 personel dilibatkan dalam Operasi Ketupat Singgalang 2021,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto beberapa waktu lalu. [rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler