Pertamina Klaim Pasok Solar ke Kota Padang Tiap Hari, Ini Besaran Kuota dan Penyalurannya

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang Hari Ini dan berita Sumbar Hari Ini: Pertamina Klaim Pasok Solar ke Kota Padang Tiap Hari, Ini Besaran Kuota dan Penyalurannya.

Padang, Padangkita.com – PT Pertamina (Persero) menyebut, Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar atau biosolar di Kota Padang dipasok tiap hari. Jumlahnya mencapai 220 kiloliter hingga 230 kiloliter per hari.

Penjabat Sementara (Pjs) Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Regional Sumbagut, Nurhidayanto mengatakan, konsumsi solar bersubsidi disalurkan sesuai peraturan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas). Tiap-tiap jenis kendaraan telah diatur jumlah jatahnya.

Rinciannya, kendaraan bermotor perseorangan roda empat paling banyak 60 liter per kendaraan. Kemudian, kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda empat paling banyak mengisi 80 liter per kendaraan. Sementara itu untuk kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda enam paling banyak mengisi 200 liter per hari per kendaraan.

“Sebanyak 109 SPBU yang sudah terdigitalisasi dan melakukan input rekap langsung pengisian solar bersubsidi sesuai yang ditetapkan BPH Migas,” katanya dihubungi Padangkita.com via pesan WhatsApp, Jumat (18/6/2021) pagi.

Namun, dia tidak menjelaskan berapa kuota Solar untuk masing-masing per Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) karena bersifat teknis dan tentatif.

Baca juga: Antrean Solar Timbulkan Kemacetan, Pertamina: Solar Hanya Dijual Malam Hari

Seperti diketahui, antrean BBM tak terelakkan selama sepekan terakhir di sejumlah kawasan Kota Padang. Penyebabnya, karena Solar yang hanya dijual pada malam hari.

Akibat antrean panjang tersebut, kemacetan tak terelakkan lantaran pengguna bahan bakar untuk mesin diesel tersebut membawa kendaraan berukuran besar dan panjang. [adl/pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com

Terpopuler