Penumpang Kereta Api di Sumbar Tidak Wajib Rapid Test Antigen

Berita Sumba terbaru dan berita Virus Corona Sumbar terbaru: Penumpang kereta api di Sumatra Barat (Sumbar) tidak diwajibkan rapid test antigen.

Padang, Padangkita.com – Penumpang kereta api di Sumatra Barat (Sumbar) tidak diwajibkan rapid test antigen. Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar, Ujang Rusen Permana mengatakan, hal tersebut sesuai dengan aturan. Sebab, rapid test antigen hanya diwajibkan untuk penumpang kereta api jarak jauh.

Aturan yang dimaksud Rusen yaitu Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, juga Surat Edaran Kemenhub Nomor 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Aturan mengenai kewajiban penumpang kereta menunjukkan hasil negatif dari rapid test antigen hanya berlaku untuk penumpang kereta api jarak jauh. Saat ini, Divre II hanya melayani penumpang Kereta Api Lokal, sehingga tidak ada kewajiban rapid test antigen,” jelas Rusen, Sabtu (26/12/2020).

Namun demikian, tutur dia, semua penumpang kereta di Divre II tetap harus melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan yaitu, kewajiban memakai masker, suhu tubuh tidak lebih dari 37.3 derajat celsius, dan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam).

Untuk mendukung penerapan protokol kesehatan, di stasiun, Divre II telah menyediakan wastafel portabel serta pengaturan jarak di area tunggu penumpang dan di dalam kereta. Kapasitas angkut kereta pun dibatasi maksimal 70 persen.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Penumpang Kereta Api di Sumbar Diprediksi Meningkat

“Perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat menjadi prioritas PT KAI untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” terang Rusen. [pkt]


Baca berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler