Libur Akhir Tahun, Penumpang Kereta Api di Sumbar Diprediksi Meningkat

Penulis: Ramono Aryo

Padang, Padangkita.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) II Sumatra Barat (Sumbar) memprediksi kenaikan penumpang saat libur natal dan tahun baru.

Kepala Humas PT KAI Divre II, Ujang Rusen Permana memperkirakan penumpang kereta api akan mengalami peningkatan sekitar 30 persen.

“Rata-rata penumpang harian pada saat ini adalah 1.300 orang. Kita perkirakan terjadi kenaikan 30 persen saat libur natal dan tahun baru,” katanya, Jumat (18/12/2020) lalu.

Peningkatan tersebut menurutnya merujuk pada data masa libur panjang sebelumnya. Karena itu, petugas akan terus memantau dan mengecek ketaatan penumpang dalam menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Dengan pembatasan kapasitas maksimal 70%, maka ada 2.140 seat yang disediakan setiap harinya untuk KA Lokal Sibinuang dari kapasitas normal 3.056 seat,” jelasnya.

Untuk pemesanan tiket, masyarakat bisa menggunakan aplikasi KAI Access yang bisa diunduh di playstore atau appstore. Dengan KAI Access, pemesanan tiket lebih mudah tanpa harus datang ke loket stasiun.

Baca Juga: Penumpang KA Divre II Sumbar Meningkat 29 Persen Selama Libur Panjang

“Untuk agenda bepergian pada masa liburan akhir tahun, masyarakat bisa memesan tiket KA Sibinuang melalui aplikasi KAI Access,” jelasnya.

Tiket bisa dipesan 7 hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk semakin memudahkan pelayanan dan meminimalisir kontak fisik di masa pandemi,” tutur Rusen. [*/abe]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler