Penanganan Longsor Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Menteri PUPR akan Tinjau Langsung

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade membawa kabar baik soal penanganan longsor di kawasan Sitinjau Lauik.

Andre menyebutkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan berkunjung ke Sumbar dalam waktu dekat.

Khususnya, lanjut Andre, Menteri Basuki, akan meninjau langsung kawasan Sitinjau Lauik di Kecamatan Lubuk Kilangan, yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok.

“Kami banyak mendengar dan mendapatkan laporan, kalau Pemprov Sumbar dan Balai Jalan Nasional (BJN) belum menemui titik terang terkait penyelesaian longsor di Sitinjau Lauik. Masih belum ada solusi. Tentunya ini sangat merugikan karena perbaikan jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sumbar,” kata Anggota Komisi VI DPR RI ini, Minggu (25/9/2022).

Karena itulah, lanjur Andre Rosiade, sebagai wakil rakyat dari Sumbar, dia berinisiatif menghubungi langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Andre memberikan informasi dan masukan langsung kepada Menteri Basuki, agar bisa segera mengatasi masalah yang tak kunjung selesai tersebut.

“Kami melihat belum ada langkah konkret. Jadinya langsung telepon Pak Menteri PUPR dan Alhamdulillah disambut baik. Pak Menteri akan mengecek sendiri jalan itu dalam waktu dekat agar bisa mencarikan solusi cepat masalah longsor,” kata Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar.

Andre Rosiade berterima kasih atas perhatian dan kepedulian Menteri PUPR kepada Sumbar. Tidak hanya masalah longsor Sitinjau Lauik, tapi juga pembangunan jalan tol dan lainnya.

“Semoga dengan datang langsung Pak Menteri, solusi Sitinjau Lauik segera didapat dan dieksekusi,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sebelumnya, Andre Rosiade juga sudah berkomunikasi dengan Menteri PUPR dan meminta PT Hutama Karya (HK) membantu menyelesaikan persoalan lalu lintas di Sitinjau Lauik. Sebab, proposal pembangunan flyover yang diajukan Pemprov Sumbar kepada Pemerintah Pusat ditolak. Sehingga harus ada alternatif supaya tidak lagi memakan korban.

“Karena proposal Pemprov Sumbar ditolak, kami sebagai anggota dewan dari Sumbar harus mencari solusi bagaimana menyelesaikan persoalan jalan Sitinjau Lauik. Kami dengan meminta bantuan kepada Hutama Karya yang menjadi mitra kami di Komisi VI DPR RI,” kata Andre Rosiade saat meninjau jalur Sitinjau Lauik, Sabtu (27/8/2022).

Ketika itu, Andre ke lokasi bersama Direktur Operasi III HK Koentjoro, Dirut PT Semen Padang Asri Muchtar dan Direktur Operasional Indrieffouny Indra.

Andre Rosiade telah meminta HK untuk mengajukan proposal ke Kementerian PUPR. Mulai dari menawarkan konsep Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk menyelesaikan persoalan Sitinjau Lauik. Membuat proposal melalui Dirjen Bina Marga PUPR, dan HK yang akan maju sebagai investor dan kontraktor pembangunan.

Andre berharap tender KPBU ini bisa dilaksanakan pada Januari 2023 dan memulai proses konstruksi atas restu Kementerian PUPR akan dimulai pada Juni 2023.

Baca juga: Ini Upaya Andre Rosiade Soal Sitinjau Lauik setelah Proposal Flyover Pemprov Sumbar Ditolak Pusat

“Dengan harapan Juni atau Juli 2024, sebelum Andre Rosiade lengser di periode pertamanya sebagai anggota DPR RI asal Sumbar, persoalan jalur Sitinjau Lauik dapat selesai,” sebutnya. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist