Ini Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Ada di Sumatra

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita. com – Sejak satu dasawarsa terakhir, Indonesia terus berusaha mengejar ketertinggalan dalam pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah jalan tol.

Jalan tol secara masif dibangun di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, termasuk Pulau Bali. Meski demikian, jalan tol terpanjang di dunia bukan terdapat di negara ini. Bukan pula di Tiongkok, yang punya wilayah luas dan pembangunan yang dahsyat. 

Jalan tol terpanjang di dunia ternyata terdapat di negara maju Amerika Serikat (AS). Nama jalan tolnya, The Pan American Highway. Jalan tol ini memiliki panjang 48.000 km yang menghubungkan lebih dari 20 negara bagian di Amerika.

Nah, kalau di Indonesia sendiri hingga sekarang jalan tol terpanjang terdapat di Sumatra yang merupakan jariangan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Yakni, Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka).

Panjang jalan tol ini mencapai 189,4 km dan sudah beroperasi sejak 14 November 2019 lalu. Jalan tol ini disebut juga dengan Jalan Tol Terpeka dan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Saat ini, jalan tol tersebut dioperasikan PT Hutama Karya (Persero). Karena adanya tol ini, mempersingkat waktu perjalanan dari Bakauhaeni, Lampung, menuju Palembang yang biasanya harus 10-12 jam perjalanan, menjadi 3 jam saja. Selain itu, jalan tol ini tentu saja meingkatkan dan menumbuhkan ekonomi di sekitar Sumatra Selatan (Sumsel).

Jalan Terpeka sendiri diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 November 2019.

Pembangunan Jalan Tol Terpeka terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km dan Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 km.

Baca juga: Begini Perbandingan Kondisi Berkendara sebelum dan setelah Adanya Jalan Tol Trans Sumatra

Jalan Tol Terpeka dikerjakan sejak pertengahan 2017 dengan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist