MTQ Tingkat Kecamatan di Tanah Datar, Wabup Richi Ungkap Program 1 Rumah 1 Hafiz

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyampaikan, bidang agama salah satu sektor yang menjadi perhatian utama pemerintah daerah.

Salah satu bentuk perhatian itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pada 19 Agustus 2021 lalu telah meluncurkan Program 1 Rumah 1 Hafiz atau Hafizah.

“Program itu bertujuan menciptakan generasi yang selalu mempelajari, menghafal dan mencintai Al-Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari,” kata Richi saat menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke IV Tingkat Kecamatan Tanjung Baru, di Masjid Baiturrahmah Koto Tuo Nagari Barulak, Rabu (27/10/2021).

Richi menyebutkan dengan program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah, dampaknya tidak hanya dirasakan sekarang saja, namun juga beberapa tahun akan datang.

“Insya Allah 20 atau 30 tahun ke depan lebih separuh masyarakat Tanah Datar penghafal Al-Qur’an. Akan ada dokter, polisi, tentara, guru dan bahkan Bupati dan Wakil Bupati yang hafiz atau hafizah,” sampainya.

Kemudian terkait MTQ, Richi menyatakan bahwa kegiatan itu juga menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

“Kegiatan seperti ini bisa dijadikan sarana evaluasi atas pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dan juga wadah menyaring bibit potensial untuk mewakili Tanah Datar di MTQ level yang lebih tinggi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana MTQ, Khazinatul Israr menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan semenjak hari Senin kemarin berjalan dengan aman dan sukses.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga 172 peserta dengan 3 cabang lomba berjalan aman dan sukses,” ujar Israr.

Baca juga: Tanah Datar Terima Hibah 1.000 Lampu Penerangan Jalan dari LPP BIFBWD

Adapun hasil MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Tanjung Baru menempatkan Nagari Tanjung Alam sebagai Juara Umum dengan total nilai 135 poin, mengalahkan tuan rumah Nagari Barulak yang hanya mampu mengumpulkan total nilai 44 poin. (djp/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist