Berita

Manyabik dan Mairiak Padi Warnai Festival Baluluak Bajarami Season 2 Nagari Kumango

×

Manyabik dan Mairiak Padi Warnai Festival Baluluak Bajarami Season 2 Nagari Kumango

Sebarkan artikel ini

Batusangkar, Padangkita.comManyabik dan mairiak padi mewarnai pelaksanaan Program Satu Nagari Satu Event bertajuk Baluluak Bajarami Season 2 Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab, Kamis (30/11/2023).

Pembukaan festival itu ditandai dengan Prosesi manyabik padi (menyabit padi) dilakukan Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama petani setempat, dilanjutkan prosesi Mairiak yakni proses pelepasan padi bulir padi dari batangnya dengan cara manual dan alat sederhana.

“Kurang lebih 30 tahun terakhir Saya melakukan proses ma iriak padi ini, Alhamdulillah Saya masih bisa dan ingat cara melakukannya. Hal seperti inilah salah satu tujuan Program ini, yakni mempromosikan adat, budaya dan kesenian setempat kepada masyarakat luas,” sampai Eka.

Dikatakan Eka, pelaksanaan Program Satu Nagari Satu Event disamping kembali menampilkan kembali berbagai adat, budaya, kesenian dan kuliner yang telah lama hilang juga menjadi sarana perputaran ekonomi masyarakat melalui stand UMKM.

“Berbagai kesenian dan permainan anak nagari juga ditampilkan dalam festival Nagari Kumango ini yang dikenal dengan Karupuak Jangek dan juga Silek Kumangonya. Tentu akan menjadi daya tarik wisatawan untuk menyaksikan langsung, sehingga perputaran ekonomi juga akan terjadi peningkatan dari hasil penjualan produk UMKM dan lainnya,” katanya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi atas penampilan tari kolosal dan juga silek baluluak bajarami serta penampilan lainnya.

“Pelaksanaan program Satu Nagari Satu Event akan di nilai oleh tim penilai dan juri. Sekiranya menjadi terbaik, tentu tari kolosal dan Silek Baluluak Bajarami akan di tampilkan di Festival Budaya Minangkabau yang di pusatkan di Istano Basa Pagaruyung 7 sampai 10 Desember esok, atau sekiranya panitia dan nagari Kumango siap, akan kita bawa wisatawan menyaksikan langsung di lokasi ini,” tukasnya.

Sebelumnya Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra dan juga Ketua Panitia Pelaksana M. Syukri menyampaikan terima kasih atas kerja keras, kerjasama dan dukungan masyarakat serta perantau sehingga Festival Baluluak Bajarami Season 2 bisa terlaksana.

“Terima kasih kepada semua pihak sehingga Festival Balulak Bajarami season 2 bisa terlaksana. Semoga kegiatan ini akan semakin menjadikan masyarakat Nagari Kumango semakin kompak selepas proses Pilwana beberapa waktu kemarin,” harapnya.

Dikatakan Iis, pelaksanaan Festival Baluluak Bajarami memiliki makna dan fisolofi di dalam pelaksanaannya dan memiliki sejarah mengapa Nagari Kumango mengangkat tema ini sebagai dukungan terhadap Program Satu Nagari Satu Event.

“Di awal dulu, Saya bersama tokoh masyarakat Kumango dan juga pak Camat Sungai Tarab waktu itu Ayah untuk berdiskusi menentukan tema pelaksanaan festival ini, atas pertimbangan kebiasaan di Nagari Kumango dan juga tradisi Silek yang menjadikan Kumango terkenal, maka kita angkatlah kegiatan seperti hari ini,” sampainya.

Dalam Festival Baluluak Bajarami yang dilaksanakan dari 30 November sampai 2 Desember 2023 itu dilaksanakan berbagai kegiatan seperti Pawai, Manyabik jo Mairiak Padi, Festival Silek dan Silek Baluluak, Malatuah Karupuak Jangek, main Alang-alang (layang-layang), penampilan kesenian, kuliner nagari, UMKM Nagari, Lomba Baju Kuruang Basiba, lomba fotografi dan permainan anak nagari lainnya.

Di kesempatan lainnya Ketua KAN Kumango Nurman Dt. Paduko Intan bersama perwakilan perantau Budianto juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas pelaksanaan Festival Baluluak Bajarami.

Baca Juga: ‘Satu Nagari Satu Event’ Tanah Datar Sedot 26.500 Wisatawan, Perputaran Uang Capai Rp1,9 Miliar

“Kami bangga, karena dengan pelaksanaan festival ini tentunya Nagari Kumango akan semakin banyak di kenal masyarakat luas, tidak hanya karena silek kumango dan karupuak jangeknya, namun juga banyak adat, budaya dan kuliner lainnya,” sampai Nurman. [djp]