‘Satu Nagari Satu Event’ Tanah Datar Sedot 26.500 Wisatawan, Perputaran Uang Capai Rp1,9 Miliar

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Program Satu Nagari Satu Event di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah digelar dalam tiga kali pelaksanaan di tiga lokasi berbeda.

Event budaya ini dinilai mampu menggerakan perekonomian masyarakat, dengan perputaran uang mencapai Rp1,9 miliar.

“Dari 14 event yang direncanakan selama tahun 2022 telah terlaksana tiga event,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Agung Indrianto kepada Padangkita.com, Jumat (8/7/2022).

Agung menerangkan, tiga event yang telah terlaksana yaitu Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh di Nagari Andaleh Batuh Bukit Kecamatan Sungayang, Aua Sarumpun Geopark Festival di Nagari IIII Koto Kecamatan Rambatan, dan Pesona Pariangan Nagari Terindah di Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan.

“Dari tiga event tersebut,terjadi perputaran uang Rp1,9 miliar dengan jumlah pengunjung 26.500 orang. Pengunjung dan transaksi terbanyak di event Pesona Pariangan Nagari Terindah yaitu 7.000 orang pengunjung dan transaksi Rp1,2,” katanya.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) akan terus mengembangkan dan melaksanakan program unggulan satu nagari satu event.

“Untuk tahun 2022 baru ada 14 nagari, untuk tahun 2023 akan kita tingkatkan menjadi 50 nagari dan pada tahun 2024, ditargetkan 75 nagari akan melaksanakan satu nagari satu event,” katanya.

Dijelaskannya, Pelaksanaan satu nagari satu event salah satu bentuk perwujudan pariwisata berbasis masyarakat, karena masyarakat langsung yang melaksanakan event tersebut dimana dalam event juga ada jual beli produk UMKM, ataupun kuliner khas nagari setempat.

“Event wisata di nagari ini juga diharapkan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari, klub olahraga nagari, UMKM, meningkatnya kunjungan wisatawan ke nagari dan akhirnya terjadinya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Agung.

Ditambahkan dia, agar pelaksanaan program ini lebih profesional dan mempunyai nilai jual, Pemerintah Tanah Datar tahun 2022 juga membantu anggaran untuk pelaksanaan event sebesar Rp50 juta per nagari, yang ditransfer langsung ke Pokdarwis.

Hal tersebut salah satu tanda komitmen dan dukungan Pemda Tanah Datar melestarikan dan memajukan budaya daerah Tanah Datar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Jadwal dan Daftar 105 Masjid/musala yang Selenggarakan Salat Id Iduladha di Tanah Datar

“Pemda terus mendukung dalam upaya melestarikan dan memajukan budaya di daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Datar,” pungkasnya. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist