Berita

Atlet Binaan FKKSPG Kembali Bawa Nama Sumbar di PON

×

Atlet Binaan FKKSPG Kembali Bawa Nama Sumbar di PON

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.com Kabar gembira kembali datang dari atlet binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG).

Kali ini, M Iqbal, atlet pencak silat Kelatnas Perisai Diri, berhasil lolos mewakili Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Iqbal berhasil meraih tiket PON setelah menjuarai Kelas A Putra pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) atau Pra PON Pencak Silat yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada awal September 2023 lalu.

Kabar gembira ini pun diapresiasi oleh Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati.

Ia menyebut bahwa keberhasilan Iqbal menjadi motivasi bagi PT Semen Padang dan FKKSPG dalam melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang dibina FKKSPG.

“Alhamdulillah, kami turut senang dan bangga. Keberhasilan Iqbal tentunya menambah deretan atlet binaan FKKSPG untuk mewakili Sumbar di PON mendatang. Hal ini tentunya juga menjadi penyemangat kami untuk terus melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet FKKSPG agar ke depan tidak hanya bisa mewakili Sumbar di ajang nasional, tapi juga internasional,” kata Nur Anita.

Sekretaris Umum FKKSPG Edi Fahrizal menyebut bahwa M Iqbal adalah satu dari 12 atlet binaan FKKSPG yang berhasil mewakili Sumbar pada ajang PON XXI Aceh-Sumut.

“Selain Iqbal, juga ada 8 atlet dari cabor Boling. Mereka adalah M Udrizal, Afrial, Endra Yanto, Chandra Fauzi, Novrita Roza, Ivo Silvana, Yetriwati, dan Dinawati. Kemudian, Septian Thoriq A Dari Cabor Karate, Fikratuz Zakiah dari cabor Soft Tennis, dan Septian Ridho Darman untuk cabor sepakbola,” kata Edi.

Bagi Iqbal, mewakili Sumbar di ajang PON adalah kesempatan luar biasa yang tentunya tidak akan disia-siakannya.

Kesempatan ini berhasil diraih berkat dukungan FKKSPG, pelatih dan orangtua, juga berkat kerja keras dan kemauan yang serius untuk berlatih.

“Untuk itu, saya atas nama pribadi dan juga mewakili Kelatnas Perisai Diri, mengucapkan terima kasih atas dukungan Semen Padang dan juga FKKSPG yang telah memberikan pembinaan. Mudah-mudahan, pada PON mendatang saya bisa mengharumkan nama Sumbar dan juga nama Semen Padang,” kata Iqbal.

Iqbal sendiri telah menorehkan sejumlah prestasi di bidang pencak silat, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Beberapa prestasinya antara lain, Juara I Kelas A Putra Kejurnas/Pra PON Pencak Silat, Juara I Putra Kelas C Tingkat Remaja pada Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Kapolri Cup I Tahun 2023, Juara II Kelas B Putra pada kegiatan pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi tingkat daerah Provinsi Sumbar atau seleksi atlet daerah Kota Padang tahun 2021

Lalu, Juara III Kelas C Putra Remaja Kejuaraan Pencak Silat Persinaga Cup di GOR Sawah Lebar Kota Bengkulu pada Desember 2021, Juara I kelas F Putra praremaja pada Pencak Silat Tangan Mas Open Champsionship I pada Mei 2022, Juara III Kelas C Putra pada Kejurnas Pencak Silat antar Satuan Pendidikan yang digelar pada September 2022 di Kota Payakumbuh.

Selain itu juga, Juara II Kelas C Putra pada Kejurnas antar Satuan Pendidikan Tingkat Nasional yang digelar di Jakarta pada tahun 2022, Juara II kelas C Putra Popnas XVI 2023 Palembang yang digelar 26 Agustus–4 September 2023, Juara I Kelas A Putra Kejurda Pencak Silat se-Sumbar tahun 2023.

Baca Juga: Atlet Senam Lantai Semen Padang Rebut 2 Emas di O2SN SD Nasional

Iqbal yang saat ini tengah berlatih mengasah fisik dan teknik untuk mempersiapkan diri jelang PON mendatang, berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Sumbar dan mengharumkan nama daerah tersebut di kancah nasional. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News