Liu Yifei Dianggap Dukung Polisi Hong Kong, Joshua Wong Serukan Boikot Film Mulan

Penulis: P Radila

Berita viral terbaru: Aktivis sekaligus politisi Hong Kong serukan boikot untuk fim Mulan yang dibintangi Liu Yifei.

Padangkita.com – Film Mulan yang dibintangi oleh Liu Yifei alias Crystal Liu merupakan adaptasi dari cerita cerita rakyat China mengisahkan perjuangan perempuan yang berjuang demi kepentingan kaumnya.

Namun di Hong Kong fim ini justru tidak disambut baik.

Baca juga: Elif Kayla Perk Putri Siti KDI Curi Perhatian dengan Parasnya yang Cantik dan Imut

Salah seorang aktivis dan politikus setempat, Joshua Wong menyerukan pemboikotan terhadap film garapan Disney ini.

Pasalnya, seruan boikot tersebut terjadi lantaran Liu Yifey yang memerankan karakter Mulan di film itu mengunggah posting-an yang berisi dukungannya kepada polisi Hong Kong.

Postingan tersebut, diunggah perempuan keturunan China dan Amerika Serikat itu di Sina Weibo, media sosial paling populer di China, seperti Twitter.

“Disney menjilat Beijing dan karena Liu Yifey mendukung tindakan brutal polisi di Hong Kong, maka saya sarankan semua pihak yang memiliki keyakinan terhadap HAM untuk #BoycottMulan,” cuit Joshua Wong di Twitter, Jumat (4/9/2020).

Bukannya ikut memboikot film tersebut, banyak netizen China yang justru berniat untuk menonton fim itu usai membaca cuitan Joshua.

Beberapa dari mereka bahkan telah memebeli tiket film Mulan yang rencananya akan tayang 11 September mendatang.

“Saya tidak ingin nonton film ini, tapi karena komentar Wong, saya memutuskan membeli tiketnya,” demikian seorang warganet di Weibo, Senin (7/9/2020).

Baca juga: Curhat Sering Digoda Kakak Ipar, Gadis Ini Malah Dimusuhi Saudara Kandung dan Dikucilkan

Tak hanya itu, ada pula netizen China yang menuduh Joshua dan para kelompok separatis di Hong Kong memanfaatkan nama Mulan untuk mendukung hal yang mereka sebut demokrasi dan kebebasan itu.

Kelompok tersebut memang dinilai sealu mendiskreditkan China.