Kisah 9 Istri Bung Karno yang Jarang Diketahui Publik , Mulai dari Orang Jepang Hingga Janda Anak 5

Penulis: W Widia

Berita viral terbaru: Presiden pertama Indonesia  memiliki kisah cinta yang tak biasa dengan 9 orang istrinya.

Padangkita.com – Siapa yang tidak kenal dengan sosok tokoh pahlawan perjuangan Indonesia ini? Bapak yang mengucapkan proklamasi kemerdekaan negara tercinta di hari kemerdekaan Indonesia ini.

Orang nomor satu di Indonesia pada zaman kemerdekaan ini. Jasa beliau tak akan pernah terlupakan oleh bangsa Indonesia.

Baca juga: Punya Konsep Unik, Ini Sederet Fakta Rumah Arsitektur Maroko

Bapak proklamator Kemerdekaan memang dikenal sebagai sosok yang berwibawa dan kharismatik, sehingga tak heran banyak wanita yang ingin menjadi permaisuri beliau.

Layaknya manusia biasa, tentu bapak Prsiden pertama Indonesia ini juga memiliki rasa cinta kepada perempuan. Soekarno semasa hidupnya memiliki 9 orang istri.

Masing-masing istri memiliki kisah cinta yang berbeda. Tentu sebagai rakyat Indonesia kita juga ingin tahu seperti apa kisah cinta bapak presiden kita ini dengan 9 orang istrinya.

Melansir Kompas.com, inilah kisar cinta presiden Soekarno dengan 9 orang wanita pendamping hidupnya.

Oetari Tjokroaminoto

Putri HOS Tjokroaminoto ini menjadi wanita pertama yang dinikahi bapak Soekarno.  Mereka menikahpada tahun 1921 di Surabaya.  Soekarno menikahi Oetari hanya untuk meringankan beban keluarga Tjokro.

Bisa dibilang, pernikahan ini terjadi tanpa cinta karena keduanya lebih akrab seperti sepasang kakak adik. Selama menikah, Soekarno tak pernah ‘menyentuh’ Oetari sama sekali. Soekarno menceraikan Oetari tak lama setelah kuliah di Bandung.

Inggit Garnasih

Kisah cinta beda usia juga pernah dialami Soekarno. Kala itu tahun 1921, Soekarno tinggal di kos-kosan milik Inggit Garnasih di Bandung. Soekarno berusia 20 tahun dan Inggit berusia 33 tahun.

Soekarno merebut Inggit yang saat itu masih berstatus sebagai istri Haji Sanusi dan mereka menikah tahun 1923. Pernikahan Soekarno dan Inggit tidak dikaruniai anak. Tahun 1943, Soekarno menceraikan Inggit karena sang istri tak sudi dimadu.

Fatmawati

Kisah cinta Soekarno dan Fatmawati bermula saat masa pembuangan Soekarno di Bengkulu. Hubungan inilah yang kemudian membuat pernikahan Soekarno dengan Inggit Garnasih berakhir lantaran Inggit tak mau dipoligami.

Di tahun yang sama saat perceraiannya dengan Inggit, Soekarno menikahi Fatmawati yang juga menjadi ibu negara pertama RI. Soekarno berusia 42 tahun dan Fatma 20 tahun. Dia juga yang menjahit bendera pusaka merah putih.

Dari Fatmawati, Soekarno mendapatkan lima orang anak, antara lain, Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra. Dari kesembilan orang istri Soekarno, Fatmawatilah yang banyak dikenal masyarakat.