Kota Pariaman dan DKI Jakarta Wakili Indonesia Ikuti Program CIPSS dari Lund University Swedia

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Setelah selesai mengikuti Pariaman Berlari di Pantai Kata, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menerima tamu Dosen Manajemen FE (Fakultas Ekonomi) UNAND (Universitas Andalas), Doctor Ma’ruf, bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Pariaman, Minggu siang (18/9/2022).

Doctor Ma’ruf merupakan peraih gelar Doctor of Business Administration (DBA), dari Maastricht School of Management, Belanda.

Kedatangannya kali ini untuk menindaklanjuti hasil kajian Kota Pariaman, yang diterima oleh Lund University Swedia, terkait Co-design for Sustainable, Resilient and Inclusive Public Spaces and Services (CIPSS) 2022–2023.

Diketahui, CIPSS merupakan program yang berfokus pada peningkatan kapasitas pejabat kota, untuk merancang bersama ruang publik yang inklusif, lingkungan dan layanan. Program ini bertujuan untuk berkontribusi dalam meningkatkan penyediaan layanan dengan fokus pada lingkungan publik fisik dan digital.

Genius mengatakan bahwa program ini diberikan oleh Universitas Lund dan sedang dilakukan dengan dukungan keuangan dari Institut Swedia, dalam kerangka kerja dari program inovasi sektor publik.

“Untuk di Indonesia, hanya Kota Jakarta dan Kota Pariaman yang mendapatkan program CIPPS ini, dan capaian ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kota Pariaman, dalam membuat ruang publik yang inklusif, nyaman dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dan penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Genius menambahkan bahwa Kota Pariaman saat ini berfokus pada proses untuk desain layanan publik yang inklusif, dan kami secara khusus berfokus pada ketersediaan penyediaan layanan yang digunakan oleh kelompok rentan, lanjut usia, perempuan dan penyandang disabilitas.

“CIPSS ini akan berlangsung secara daring dan luring, mulai dari September 2022 sampai Mei 2023, dimana untuk kegiatan pertamanya kita akan mengikuti zoom meeting pada Jumat, 23 September mendatang, dan pada 10 Oktober, akan ada kunjungan langsung dari tim Lund University Swedia ke Kota Pariaman,” tutupnya.

Baca Juga: 3.855 KPM Kota Pariaman Terima Pencairan BLT Subsidi BBM, Tahap II Cair Oktober

Pada kesempatan ini, Genius juga didampingi Praktisi Pariwisata yang juga lulusan S3 dari Universitas Udayana Bali, Firman Syakri Pribadi, yang akrab disapa Adjo Fe dan juga Konsultan Designer, Yofan Syarif, yang menjadi Tim dari Kota Pariaman dalam program CIPSS ini. [*/isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist