Jelang Muktamar Muhammadiyah, Santri Ponpes Kauman Gelar Jalan Sehat dan Aksi Bersih

Penulis: Isran Bastian

Padang Panjang, Padangkita.com – Menyemarakkan Pra Mukhtamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang gelar jalan sehat dan aksi bersih lingkungan, Ahad (18/9/2022).

Start dari Asrama Putri Walidah di Koto Katik dan finish di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman Padang Panjang, jalan sehat ini diikuti sebanyak 120 orang santri putri kelas 7 dan 10.

Selain jalan sehat, santri juga melakukan aksi bersih-bersih lingkungan atau operasi semut yang dimulai dari pelataran Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman, menuju Pasar Padang Panjang, dan finis di GOR Khatib Sulaiman Bancah Laweh sebelum menuju kembali ke asrama pondok pesantren.

Peserta terbagi dalam 10 kelompok, dan masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang pembina dari kelas 12 bergerak menuju ke titik atau spot yang telah ditetapkan oleh panitia.

Kegiatan ini dibuka dan dilepas oleh Mudir Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang yang diwakili oleh Wadir Bidang Pengasuhan Santri, Insan Adha Hasibuan dan turut didampingi Sekretaris Mudir, Zainal Abidin.

Insan Adha menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian untuk menyemarakan Pra Muktamar Muhammadiyah Dan Aisyiyah Ke 48 yang akan digelar di Solo, pada tanggal 18-20 November 2022.

“Masing-masing kelompok didampingi satu orang pembina akan mengkoordinir kelompoknya untuk memilih sampah yang mereka temui di sepanjang perjalanan. dan mereka juga dibekali kantong plastik untuk tempat sampah yang mereka kumpulkan dan selanjutnya di buang ke tempat sampah yang tersedia,” ungkap Insan Adha.

Baca Juga: 100 Tahun Ponpes Perempuan Tertua di Sumbar, Ini Pesan Ketua DPRD Sumbar Supardi 

sementara itu, salah seorang peserta dari santri kelas 10 pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah, Husna, menilai kegiatan sangat bagus dan bermanfaat, selain memberikan kebugaran dan kesehatan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk kebersihan lingkungan. [*/isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist