Jangan Sampai Diblokir, Cek IMEI Sebelum Beli Ponsel

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Aturan IMEI (International Mobile Equipment Identity) untuk memblokir ponsel ilegal mulai diberlakukan. Artinya, ponsel dengan kode IMEI yang tidak terdaftar di Indonesia tidak akan bisa menggunakan jaringan telekomunikasi baik telpon, sms, ataupun internet.

Oleh karena itu, pastikan mengecek kode IMEI sebelum memutuskan untuk membeli ponsel tersebut.

Caranya, masuk ke situs imei.kemenperin.go.id milik Kemenperin kemudian masukan kode IMEI yang berada di bagian belakang bodi smartphone atau di boks penjualan.

Langkah selanjutnya adalah menguji masing-masing slot kartu SIM. Ini dilakukan agar pengguna bisa mengetahui apakah ada sinyal atau jaringan seluler pada ponsel tersebut atau tidak.

Lakukan uji coba ponsel yang akan dibeli dengan memasukkan kartu SIM. Jika sinyal seluler terlihat, maka ponsel tersebut legal. Jika tidak mendapat sinyal, patut diwaspadai bahwa perangkat tersebut tidak terdaftar.

Pasalnya, operator seluler akan mematikan sinyal untuk kartu SIM yang dipasangkan pada ponsel ilegal.

Sementara jika pengguna membeli ponsel secara online, pastikan agar membelinya dari penjual yang berani memberikan jaminan legalitas produk.

Baca juga: Aturan IMEI Sah Berlaku, Ponsel Ilegal Tak Bisa Gunakan Jaringan Telekomunikasi

Pastikan bahwa penjual online menjamin IMEI ponsel yang dijual sudah tervalidasi dan terintegrasi, sehingga produk dapat digunakan. Penjual ponsel online ataupun offline harus bertanggung jawab terhadap ponsel yang diperdagangkan.

Pengguna harus mendeklarasikan, memenuhi kewajiban perpajakan, dan dapat mendaftarkan IMEI ponsel melalui situs https://www.beacukai.go.id/register-imei.html atau melalui Aplikasi Mobile Beacukai yang dapat diunduh melalui Play Store.

Selain itu, perlu diperhatikan untuk aktivasi perangkat dengan kartu SIM Indonesia akan bisa dilakukan maksimal 2 x 24 jam.

Jika mendapat kendala atau keluhan, hubungi customer service atau layanan call center operator terkait atau dengan mengunjungi gerai layanan operator secara langsung.

Untuk hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan dan regulasi serta hal lain diluar kewenangan operator telekomunikasi terkait dengan pengendalian IMEI, Anda dapat menghubungi Call Center Kominfo 159.

Cara Cek Nomor IMEI Ponsel Legal

Cara lain untuk mengecek apakah ponsel tersebut legal atau ilegal adalah dengan mengetik *#06# pada ponsel. Dengan langkah ini seri kode IMEI akan muncul di layar ponsel.

Alternatif lain untuk mengetahui kode IMEI smartphone adalah dengan memilih menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Status > Informasi IMEI.

Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan kode IMEI di kolom pengecekan pada situs IMEI Kemenperin.

Selain itu, juga bisa dicek pada operator Telkomsel dan XL Axiata, berikut caranya:

Cek IMEI di Telkomsel

Pengguna Telkomsel bisa menekan *337# dan tekan telepon. Kemudian pilih menu 1 untuk mengecek IMEI.

Nantinya akan ada SMS masuk yang memberikan informasi apakah IMEI perangkat kamu sudah terdaftar di database operator.

Jika sudah terdaftar, bunyi SMS yang diterima adalah “IMEI yang Anda gunakan saat ini sudah benar dan sesuai dengan peraturan berlaku.”

Cek IMEI di XL Axiata

Untuk pengguna XL yang ingin mengecek IMEI perangkat mereka, bisa menekan *123*817# kemudian pilih opsi 1 (IMEI Registrasi).

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu SMS notifikasi mengenai status IMEI perangkat kamu.

Jika IMEI smartphone kamu sudah terdaftar, isi SMS yang masuk adalah “IMEI dan Nomor Anda sudah terdaftar. Pastikan Nomor Anda selalu aktif dengan IMEI ini.” [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com