Cek Spesifikasi Oppo A5, Smartphone 2020 Murah yang Kaya Akan Fitur

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Oppo A5 adalah salah satu ponsel keluaran terbaru di akhir tahun 2020 yang menjadi pelengkap kemunculan seri A. Tipe ponsel satu ini cocok untuk kelas menengah yang performanya tidak kalah dengan seri-seri di atasnya yang mempunyai harga lebih mahal. Fitur-fitur yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta Oppo sehingga tidak heran jika mereka sangat antusias untuk membelinya.

Seri Opp terbaru A5 ini di banderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan lebih murah dari seri A lainnya. Lalu, apa saja daya tarik yang ditawarkan selain harganya yang murah? Pasti Anda sangat penasaran, bukan?  Daripada penasaran berikut akan disajikan informasi lengkap tentang produk smartphone dari Oppo ini.

Desain Oppo A5

Oppo A5 mempunyai desain poni pada layarnya berukuran 6,5 inci yang biasa disebut dengan waterdrop sebagai ciri khas dari merek ini. Waterdrop tersebut terbentuk akibat lekukan garis pada sekitar kamera bagian depannya. Bila dibandingkan dengan keluaran terdahulu, A5 ini lekukannya dieksekusi lebih baik.

Untuk konsep penempatan kamera belakangnya yaitu empat buah ditaruh pada bagian tengah berjejer vertical. Sedangkan untuk satu kamera dengan fungsi depth sensor dibuat terpisah bersama lampu flash-nya. Dan untuk sensor sidik jari pada A5 berada di bawah kamera tersebut. Hal menarik lainnya yaitu terdapat pada bagian tombol fungsi yang berfungsi untuk power atau stand by dari ponsel tersebut.

Terdapat goresan warna hijau terang yang berpendar ketika terkena cahaya. Namun saat di tempat yang gelap tidak bercahaya sebab sifatnya tidak luminous. Sedangkan tombol lainnya yaitu fungsi volume berurutan dengan slot kartu SIM serta pada bagian sisi kiri terdapat micro SD.

Display Oppo seri A5

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas bahwa A5 ini mempunyai layar dengan ukuran 6,5 inci dengan 16 juta warna. Layarnya sudah menggunakan teknologi IPS kapasitif dengan cara di sentuh. Keseluruhannya layar Oppo ini mempunyai ukuran rasio 89% screen to body, itu relative sangat umu dapat ditemui pada smartphone kelas menengah lainnya. Lanjut ke resolusi layarnya, yakni ponsel ini berada di angka 720 x 1600 piksel. Memang belum sampai full HD akan tetapi sajian visual tidak perlu diragukan lagi.

Anda pun akan tetap merasa nyaman saat menatap smartphone dalam waktu yang lama karena kedalaman warnanya yaitu sebesar 270 ppi. Anda pun akan puas menikmati sajian gambar dari kamera A5 ini. Terakhir untuk bagian displaynya, menggunakan corning gorilla glass 3+ yang mempunyai kemampuan kaca pada layar smartphone untuk menahan goresan serta benturan. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Fitur Kamerannya

Setelah mengetahui desain dan displaynya kini lanjut ke pembahasan kamera yang menjadi salah satu kelebihan utama yang ditawarkan oleh A5 ini. Sangat menarik sekali, pasalnya kameranya telah mengusung lima lensa secara keseluruhan. Kamera di bagian belakangnya sudah menggunakan Quad camera yang saat ini tengah menjadi trend yang sangat menarik. Setiap lensa yang dimilikinya dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan foto para penggunanya.

Kamera utama A5 pada bagian belakang mempunyai kualitas 12 mega piksel dengan bukaan f/1.8. Pada kamera bagian belakang ini mempunyai fitur wide yang menjadi fungsi utamanya. Selain itu dilengkapi juga dengan fitur PDAF (Phase Detection Auto Focus) yang dapat membuat hasil foto menjadi fokus. Lensanya mempunyai daya tangkap pada objek utama berbeda dengan latar belakangnya sehingga fungsi bokeh sederhana dapat secara langsung tersaji. Bagaimana apakah Anda masih ragu untuk membelinya?

Lalu, bagaimana untuk kamera bagian depannya? Nah, pada bagian ini diisi dengan lensa yang mempunyai ukuran 8 mega piksel. Kemampuan kamera 8 mega piksel tersebut dibantu dengan teknologi AI sehingga hasil foto akan semakin lebih baik. Termasuk juga dengan mode beauty otomatis yang tersedia pada A5 sehingga wajah akan terlihat menjadi lebih cantik. Lanjut ke fungsi video yang menjadi salah satu hal tak kalah menarik.

Kemampuan merekamnya melalui kamera belakang dapat mencapai resolusi sebesar 4K @30 fps dengan pilihan di tingkat 1080p @30 fps serta 720p pada @ 30 fps. Untuk melakukan perekaman video, kameranya dibantu dengan EIS (Electronic Image Stabilization) serta fitur gyroscope. Dengan teknologi tersebut hasil rekam video akan lebih stabil walaupun Anda merekamnya dengan keadaan berjalan, berkendara atau berlari.

Fitur lain yang Oppo A5

Selain fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas, ternyata ada fitur tambahan yang tidak kalah menariknya. Yaitu pada speaker audio yang ternyata sudah menggunakan teknologi Dolby Atmos ke dalamnya. Dengan teknologi tersebut maka hasilnya yaitu kualitas suara yang dikeluarkan akan terdengar bulat keluar dari speaker kecil handphone.

Untuk antarmuka A5 menggunakan Color OS 6.0 yang berbasis Android 9.0 (Pie) yang dapat menunjang kemampuan operasional ponsel tersebut. Untuk fitur keamanan juga tidak perlu diragukan lagi. Sebab sistem keamanan yang tersedia sudah menggunakan kombinasi berlapis yang diaplikasikan di dalamnya. Baik dari pembaca wajah, kunci berpola hingga sidik jari yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengamankan data-data penting dalam ponsel.

Performa

Lanjut ke bagian performa yang ditawarkan oleh Oppo A5 yaitu sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 665 dari Qualcomm. Dibandingkan dengan keluaran terdahulu nya snapdragon 660, sistem 665 ini di klaim dapat menurunkan konsumsi daya mencapai 20%.  Selanjutnya terdapat fitur Game Boost 2.0 yang dapat menunjang performa gaming dengan smartphone ini. Fitur Game Boost ini sudah menggabungkan dengan teknologi Frame Boost serta Touch Boost yang dapat membuat permainan menjadi lebih smooth.

Jadi untuk Anda para pecinta game akan terasa lebih menyenangkan jika menggunakan smartphone dari Oppo ini. Apalagi dengan ukuran layar yang diberikan besar maka akan menjadi lebih puas menatapnya. Multitasking A5 disokong dengan dua pilihan memori RAM. Tipe ini terdapat versi RAM 3 GB dan juga 4 GB dan untuk memori simpannya juga terdapat dua pilihan yaitu 64 GB dan 128 GB. Sedangkan untuk kapasitas baterai yang menunjang performa dari smartphone  ini yaitu hadir dengan ukuran sebesar 5000 mAh.

Cek Berbagai Keunggulan yang Ditawarkan Oleh Oppo A5

Setelah mengetahui tentang spesifikasi yang dimiliki Oppo A5 selanjutnya Anda juga perlu tahu tentang apa saja kelebihan yang ditawarkannya. Dengan mengetahui kelebihannya Anda bisa jadi lebih mantap ketika akan membeli smartphone canggih ini. Lantas apa saja keunggulannya? Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

Performa Enak untuk Main Game

Berbicara tentang smartphone dari Oppo kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang performa yang dihadirkannya. Perlu Anda ketahui, performa yang diusung oleh Oppo A5 ini dapat membuat Anda semakin nyaman saat bermain game. Hal tersebut karena sudah dibekali dengan chipset yang sudah canggih dengan RAM yang besar maka sangat memuaskan bagi para pecinta gamers.

Terlebih lagi harga yang ditawarkan yaitu Rp 2 jutaan dengan performa yang sudah mumpuni tentu saja membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Seluruh port dari Oppo seri A5 ini terletak di bagian bawah . Dengan performa yang handal tersebut tidak heran jika smartphone ini sangat cocok digunakan untuk bermain game seharian. Dijamin tidak akan lemot dan ngadat ya!

Tampilan yang Menarik

Selain performa, keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh smartphone Oppo ini yaitu tampilannya yang super keren. Desain yang diusung yaitu Corning Gorilla Glass 3 dapat membuat tampilan menjadi cantik dan terlihat premium. Pastinya Anda tidak akan dikecewakan dengan tampilan yang diberikan oleh A5 ini.

Pada cover handphonenya didesain menggunakan material plastic glossy yang dapat digunakan sebagai cermin. Sebab material tersebut bernama mirror black, selain itu warnanya ada dazzling white.  Menariknya jika diamati secara detail terdapat potongan garis diagonal ataupun efek gradasi, meskipun demikian ponsel tersebut menjadi lebih sederhana serta terlihat elegan

Kapasitas Baterai Hemat dan Besar

Keunggulan lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika membicarakan tentang smartphone Oppo yaitu kapasitas baterainya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kapasitas baterai yang melekat pada smartphone ini cukup besar. Dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh maka daya tahannya dapat bertahan lebih lama.

Sehingga dalam satu hari pemakaian casual seperti sekadar berselancar internet akan dapat bertahan lama. Ditambah lagi dengan teknologi reserve charging maka dapat mengisi baterai ponsel lain dengan A5 2020. Selain itu, port USB na juga memiliki kemampuan transfer data on the go.

Banyak Fitur Menarik

Kelebihan lainnya yang menjadikan smartphone Oppo ini wajib dijadikan pilihan yaitu karena ada banyak fitur penunjang. Salah satu fitur penunjang di bagian kamera yang sangat cocok untuk Anda yang suka dunia fotografi yaitu panorama, HDR, night mode, dazzle, time-lapse hingga slow motion. Apabila Anda masih membutuhkan alasan mengapa perlu membeli Oppo A5 maka jawabannya yaitu sector kamera ini yang dapat menjadi alasan paling depan.

Fitur lain yang juga tak kalah menarik dari smartphone ini yaitu kemampuan sensor cahayanya. Nah, ketika Anda memotret pada waktu malam hari hasil yang akan didapatkan akan lebih apik dengan mengaktifkan mode night yang disediakan. Mode night tersebut dapat membuat sensor cahayanya bekerja lebih tepat guna.

Terdapat juga fungsi lainnya seperti ultra wide yang akan memberikan hasil tangkapan gambar menjadi lebih luas walaupun pada ruang sempit dengan sudut yang mencapai 119 derajat. Kemampuan tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel lain yang hanya dapat mampu mencapai hingga 112 derajat. Sehingga hasil jepretan Anda akan lebih presisi serta bisa menangkap keseluruhan objek yang diperlukan.

Baca juga: Oppo A1k Lebih Murah di Indonesia Dibanding di Negara Lain

Demikian pembahasan mengenai spesifikasi lengkap dari Oppo A5 beserta kelebihan yang diusungnya. Dengan melihat banyaknya kelebihan yang ditawarkan tentu akan semakin memantapkan Anda untuk membelinya, bukan? Jadi tunggu apalagi? Segera miliki Oppo A5 dan rasakan berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkannya. Perlu untuk diingat sebelum membeli smartphone baru pastikan untuk mengecek  terlebih dahulu keasliannya supaya Anda tidak dirugikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist