Ini Profil Tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pessel, dari Politisi Hingga Pengusaha

Penulis: MF Zikri

Berita Pilkada Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru: Berikut profil tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesse

Painan, Padangkita.com – Sebanyak tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pessel, pada 4-6 September 2020.

Kepada Padangkita.com, Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar menyebutkan tiga paslon tersebut dinyatakan telah lengkap persyaratannya dan tinggal menunggu verifikasi KPU serta hasil tes kesehatan.

“Di Pessel ada tiga paslon yang mendaftar, ketiga paslon itu Hendrajoni-Hamdanus, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah, dan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab,” kata Epaldi melalui sambungan telepon, Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak Tajam 17 Orang di Pesisir Selatan, Enam ASN dan Tiga Tenaga Kesehatan

Berikut profil singkat tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pessel yang sudah diterima pendaftarannya oleh KPU Pessel:

1. Hendrajoni dan Hamdanus

Hendrajoni dan Hamdanus merupakan Paslon yang diusung oleh Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Mereka merupakan pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Pessel pada Jumat (4/9/2020). Paslon ini telah memenuhi persyaratan minimal 13 kursi di DPRD, yakni Nasdem 5 kursi, PKS 5 kursi dan Demokrat dengan 5 kursi. Sehingga berjumlah 15 kursi.

Hendrajoni merupakan Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar. Ia saat ini juga menjabat sebagai Bupati Pessel periode 2016-2021. Sebelumnya dia pernah meniti karir sebagai anggota Polri. Sebelum menjabat sebagai Bupati Pessel, jabatan terakhirnya di Polri yaitu sebagai Kanit II Subdit V Bareskrim Narkoba Mabes Polri.

Sementara, Hamdanus merupakan politikus PKS. Dia merupakan seorang seorang konsultan pengembangan SDM. Selain itu, Hamdanus saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Sumatra Barat dari daerah pemilihan VIII Pesisir Selatan-Mentawai untuk periode 2019-2024.

2. Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah

Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah merupakan pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Pessel pada Sabtu (5/9/2020). Mereka diusung oleh lima partai yakni, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Berkarya, dan Partai Perindo.

Dari kelima partai itu, pasangan ini memiliki 14 kursi di DPRD. Gerindra dengan 5 kursi, PAN 5 kursi, PBB 2 kursi, Berkarya 1 kursi, dan Perindo 1 kursi.

Rusma Yul Anwar saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Pessel yang berpasangan dengan Hendrajoni untuk periode 2016-2021. Dia juga merupakan seorang politikus dan birokrat yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pessel dari 2011 hingga 2016.

Sedangkan Rudi Hariyansyah merupakan salah seorang tokoh muda Kabupaten Pessel yang menjabat sebagai pimpinan cabang dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wilayah Sumbar, PT. Kimia Farma.

3. Dedi Rahmanto Putra dan Arfianof Rajab

Dedi Rahmanto Putra dan Arfianof Rajab merupakan pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU Pessel pada Minggu (6/9/2020). Mereka diusung oleh lima partai dengan total kursi terbanyak di DPRD, yaitu 16 kursi.

Kelima partai itu adalah, Partai Golongan Karya (Golkar) 4 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 2 kursi.

Dedi Rahmanto merupakan seorang politikus dari Partai Golkar yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Pessel dari Dapil 5 periode 2019-2024.
Dedi Rahmanto sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Pessel periode 2016-2019.

Sementara, Arfianof Rajab merupakan seorang politikus dari Partai Berkarya. Dia juga seorang pengusaha yang ingin mengabdikan diri di kampung halamannya. [mfz/pkt]


Baca berita Pilkada Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.