Ini Profil Lima Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar, Mulai dari Politisi, Polisi, Bankir Hingga Ustaz

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Berikut lima profil singkat bakal calon Bupati/Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasbar

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak lima pasang bakal calon Bupati/Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasbar mulai Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020).

Kelima pasangan calon Kepala Daerah ini bakalan bersaing untuk merebut hati masyarakat Pasbar dengan sejuta strategi yang mereka yakini akan berhasil.

Ketua KPU Pasbar, Alharis kepada Padangkita.com mengatakan telah menerima pendaftaran lima pasangan calon tersebut.

“Lima bakal pasangan calon yang kita terima itu telah menyerahkan berkas pendaftaran, empat pasangan diusung partai politik dan satu pasangan dari calon perseorangan,” kata Alaharis di Simpang Empat, Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Lima Pasangan Calon Telah Daftar ke KPU Pasbar, Ini Jadwal Tahapan Pilkada Berikutnya

Berikut profil singkat lima bakal pasangan calon Pilkada Pasaman Barat:

1. Yulianto-Syafrial

Pasangan ini medaftar pada hari pertama, Jumat (4/9/2020) siang. Mereka diusung oleh Partai Demokrat (6 kursi) dan Partai Nasdem (3 kursi), sehingga total kursi DPRD Pasbar yang mengusung pasangan ini sebanyak 9 kursi legislatif.

Yulianto saat ini masih menjabat sebagai Bupati Pasbar periode 2019-2021. Sebelumnya Yulianto adalah Wakil Bupati Pasbar berpasangan dengan Syahiran yang meninggal dunia pada 3 Agustus 2019. Setelah Bupati Syahiran meninggal dunia, Yulianto dilantik sebagai Bupati Pasbar pada 17 September 2019 oleh Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno.

Syafrial yang akan mendampingi Yulianto sebagai Wakil Bupati merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan terakhir menjabat sebagai Wali Nagari Kinali. Syafrial telah mengundurkan diri sebagai Wali Nagari Kinali. Dia mengaku juga sudah mengajukan pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil.

2. Hamsuardi-Risnawanto

Pasangan ini diusung oleh PAN, PKS dan PDI-Perjuangan dengan jumlah kursi sebanyak 11 kursi di legislatif. Sosok Hamsuardi boleh dikatakan tidak asing bagi masyarakat Pasbar. Pasalnya Hamsuardi merupakan tokoh masyarakat yang dikenal aktif di dunia olahraga terutama bidang bola voli.

Hamsuardi juga pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Pasbar, dengan Jabatan terakhir sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

Dia sebelumnya juga pernah ikut bertarung pada Pilkada tahun 2015 silam. Waktu itu, Hamsuardi berpasangan dengan Kartuni dan bersaing dengan Syahiran-Yulianto dan Zulkenedi Said-Risnawanto. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Hamsuardi juga ikut maju sebagai calon anggota DPR RI dari PKS.

Tak kalah, sosok Risnawanto pun cukup dikenal masyarakat Pasbar. Sebab, sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Pasbar pertama periode 2005-2010 yang saat itu berpasangan dengan Syahiran.

Terakhir, karir politik Risnawanto adalah sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat periode 2014-2015, lalu mundur dari jabatannya karena maju pada Pilkada 2015 yang lalu.

3. Agus Susanto-Rommy Chandra

Agus Susanto merupakan politisi dan pengusaha yang sebelumnya sukses meniti karir politik di legislatif sebagai wakil Rakyat. Dia pernah jadi anggota DPRD Pasbar periode 2004-2009, anggota DPRD Sumatra Barat periode 2009-2014, hingga berhasil duduk di Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PDIP.

Pada pileg 2019, Agus Susanto sempat kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, tetapi tak suaranya tak cukup untuk mengantar lagi ke Senayan. Saat ini dia mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Pasbar melalui jalur perseorangan/independen dan berpasangan dengan Rommy Chandra.

Rommy Chandra adalah seorang personel Polri dengan pangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda). Dia mengaku telah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota Polri untuk memgabdi kepada Bumi Tuah Basamo ini.

Sebelumnya Rommy Chandra juga pernah menjadi salah satu ajudan Bupati Syahiran pada masa kepemimpinan Syahiran-Yulianto. Setelah Syahiran meninggal dunia, Rommy kembali berdinas di Polres Pasbar yang akhirnya menyatakan tekad untuk maju sebagai Calon Wakil Bupati Pasbar.

4. Maryanto-Yulisman

Maryanto boleh dikatakan sosok baru dalam politik. Sebelumnya, Maryanto merupakan seorang profesional yang berlatar belakang bankir dan berkarir di Bank Nagari dari mulai jabatan terendah sampai akhirnya dipercaya sebagai pemimpin divisi.

Walaupun sukses di dunia perbankan, sosok Maryanto banyak dilirik partai politik. Namun akhirnya dia menjatuhkan pilihan kepada Partai Gerindra dan berhasil mendapatkan rekomendasi sebagai Calon Bupati Pasaman Barat periode 2021-2024.

Yulisman, salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasbar yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Pasbar periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Pasangan Maryanto dan Yulisaman ini diusung oleh Partai Gerindra dan PBB dengan jumlah kursi sebanyak 8 kursi di legislatif.

5. Erick Hariyona-Syawal

Pasangan Erick Hariyona-Syawal diusung oleh Partai Golkar, Perindo, PPP dan PKB dengan jumlah kursi sebanyak 10 kursi DPRD. Erick Hariyona merupakan politisi Partai Golkar dengan jabatan sebagai Bendahara Partai Golkar Sumbar. Selain itu, dia juga Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumbar, serta seorang pengusaha yang punya banyak jaringan bisnis.

Selain itu, Erick adalah putra dari seorang pengusaha dan politisi senior di PPP yakni, Hariadi BE. Sementara itu Ibu dari Erick merupakan senator asal Sumatra Barat, yaitu Emma Yohanna yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPD RI periode 2019-2024.

Syawal merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Agama Kabupaten Pasbar. Selain itu, Syawal yang akrab dipanggil dengan Syawal Suro ini merupakan seorang ulama yang cukup dikenal di Kabupaten Pasbar. Saat ini Syawal dalam proses pengunduran diri sebagai PNS karena dirinya maju sebagai Calon Wakil Bupati Pasbar tahun 2020 ini. [rom/pkt]


Baca berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com